Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kota Jambi dan Sungai Penuh, Provinsi Jambi, mendapat penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin yang akan diserahkan pada Selasa 14 Maret 2023 di Jakarta yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

"Dari 22 provinsi dan 334 kabupaten/kota di Indonesia, di Provinsi Jambi ada dua daerah yakni Kota Jambi dan Sungai Penuh yang akan menerima penghargaan UHC Award 2023 yang akan diberikan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin di Jakarta," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jambi Sri Widyastuti, melalui keterangan resminya yang diterima Senin.

Jika dilihat data BPJS se-Provinsi Jambi, ada dua kota yang dipastikan menerima UHC Award 2023 yaitu Kota Jambi dan Sungai Penuh yang sudah mencapai status UHC, yaitu untuk Kota Jambi dengan cakupan peserta mencapai 97,77 persen dan Kota Sungai Penuh dengan cakupan mencapai 99,95 persen dari jumlah total penduduk masing-masing kota tersebut.

Kedua kota di Provinsi Jambi itu akan menerima UHC Award di Jakarta karena kedua kota telah berhasil mencapai jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) nya melebihi 95 persen dari jumlah penduduk dan yang sudah terkonfirmasi untuk Kota Jambi, penghargaan akan diterima wali kota yang akan hadir di Jakarta.

Baca juga: Papua Barat raih penghargaan UHC BPJS 6 tahun beruntun

Baca juga: Bukittinggi jadi daerah kesepuluh raih UHC di Sumbar


UHC merupakan cakupan kepesertaan program JKN untuk memastikan minimal 95 persen dari total jumlah penduduk telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial, baik dalam pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Cakupan kepesertaan JKN Kota Jambi dan Sungai Penuh sekitar 97,77 persen dan 99,95 persen dari jumlah total penduduk masing-masing daerah.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah daerah yang telah sukses mencapai UHC dimana hal itu merupakan wujud nyata kehadiran pemerintah dalam memastikan tersedianya jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakatnya," kata Sri Widyastuti.*

Baca juga: BPJS : Cakupan kepesertaan JKN Sumbar baru 87,96 persen

Baca juga: Pemkab Samosir terima penghargaan Universal Health Coverage

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023