Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat telah memperbaiki aspal yang longsor di Jalan Daan Mogot, tepatnya di dekat Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Kali Mati, Kedaung, Kali Angke.

"Sudah diperbaiki sejak semalam. Kita berikan cor 'readymix'," kata Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Barat, Purwanti Suryandari saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Purwanti mengatakan, pengerjaan dilakukan sejak Senin (13/3) malam agar tidak mengganggu aktivitas pengguna jalan saat jam sibuk.

Pengerjaan dilakukan oleh kontraktor yang ditunjuk pemerintah dalam melakukan pemasangan pipa di dalam tanah.

Dengan pengerjaan tersebut, Purwanti memastikan kondisi aspal tersebut kembali normal dan jalan bisa digunakan seperti biasa.

Baca juga: DKI kemarin, Bandara Halim sambut KTT hingga aspal longsor Daan Mogot
Baca juga: Ini kata SDA Jakarta Barat penyebab aspal longsor di Daan Mogot

Aspal di lokasi tersebut longsor diperkirakan sedalam satu meter dengan membentuk lingkaran berdiameter dua meter. Aspal tersebut longsor diduga karena kerap terkena air hujan.

"Di sana sedang ada proses 'jacking' lalu karena hujan terus beberapa hari terakhir. Jadinya, tergerus air lalu longsor," kata Purwanti.

"Jacking" merupakan metode pemasangan pipa dengan cara mengebor tanah di bawah permukaan jalan menggunakan mesin hidrolik.

Purwanti mengakui di lokasi tersebut memang sedang dilakukan pengeboran tanah sedalam delapan meter untuk memasukkan pipa saluran air.

Aspal di dekat lokasi pengeboran tersebut kerap terkena air hujan sehingga menyebabkan aspal menjadi longsor.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023