Natuna (ANTARA) - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Irvansyah memastikan kesiapan prajurit dan alutsista TNI dalam kondisi siap di Pulau Bunguran Besar, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Meninjau kesiapan prajurit dan Alutsista (alat utama sistem senjata terpadu) yang ada di Satuan TNI Terintegrasi (STT)," kata Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Irvansyah di Natuna, Selasa (14/3/2023).

Ia mengatakan telah melaksanakan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Natuna mulai hari Senin (13/3) dengan melakukan peninjauan di satuan TNI Angkatan Laut meliputi Mako Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I dan Faslabuh TNI Angkatan Laut, Selat Lampa.

Di Selat Lampa, Pangkogabwilhan I melaksanakan peninjauan kesiapan prajurit dan Mako Guspurla Koarmada I yang sudah selesai dalam pembangunannya.

Selanjutnya kunjungan kerja di Mako Satgas Kompi Komposit Marinir IV Natuna, dan disambut oleh Dansatgas Mayor Marinir Heri Supriyadi, selaku penanggung jawab markas Marinir di Setengar tersebut.

"Di Mako Satgas Kompi Komposit Marinir IV Natuna melaksanakan peninjauan kesiapan prajurit dan Alutsista yang ada diantaranya peluncur roket RM 70 Grad dan Kendaraan Tempur BVP," ujarnya.

Selain melaksanakan kunjungan kerja di Satuan TNI Angkatan Laut, Pangkoganwilhan I juga melaksanakan kunjungan kerja di satuan - satuan militer di wilayah Natuna, diantaranya di Lanud Raden Sadjad, Skuadron udara 52 , Satradar 212, Denhanud 477 Kopasgat, Batalyon Komposit 1/ Gardapati dan Kompi Zeni Tempur Yon Komposit 1/Gardapati.

Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Irvansyah bersama Forkopimda Kabupaten Natuna di Mess Tjiptadi Mako Lanal Ranai juga menyampaikan bahwa kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Natuna kali ini untuk meninjau langsung keadaan dan kesiapan Satuan TNI Terintegrasi (STT).

"Semoga dengan banyaknya prajurit di Kabupaten Natuna dapat membantu masyarakat Natuna dan membantu kebijakan pemerintah daerah dalam membangun Kabupaten Natuna," kata Pangkogabwilhan 1.

Sementara, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo I. menyampaikan rasa terima kepada Pangkogabwilhan I, Laksamana Madya TNI Irvansyah beserta rombongan atas kunjungan kerjanya di Satuan TNI yang berada di pulau terluar.

"Kunjungan Pangkogabwilhan I bersama rombongan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi seluruh Keluarga Besar Lanal Ranai," ujarnya.

Turut hadir dalam rombongan Asintel Brigjen TNI (Mar) Bambang Hadi Suseno, S.E., Asops Brigjen TNI Wawan Pujiatmoko, Aslog Brigjen TNI Tarsisius Yoga Pranoto, S.Sos, Koorsmin Letkol Mar Doni Ivan.

Baca juga: Anggota DPR: Perkuat alutsista jaga kedaulatan wilayah di Natuna

Baca juga: Pangdam Bukit Barisan tinjau 14 Roket Astros di Natuna

Pewarta: Cherman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023