Riyadh (ANTARA) - Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi pada Selasa (14/3/2023) mengumumkan prakarsa baru untuk mendukung pengembangan sektor swasta.

Inisiatif tersebut diumumkan pada Forum Sektor Swasta PIF perdana yang diadakan di ibukota Saudi, Riyadh, kantor berita Saudi Press Agency melaporkan.

Salah satu inisiatif PIF adalah Program Pertumbuhan Konten Lokal, yang bertujuan untuk meningkatkan pangsa belanja konten lokal dalam portofolio domestik PIF menjadi 60 persen pada akhir tahun 2025.

Prakarsa lainnya adalah Program Pengembangan Pemasok, yang akan mendukung pengembangan dan peningkatan keterampilan pemasok dan vendor lokal untuk memenuhi persyaratan pertumbuhan perusahaan portofolio PIF.

Satu inisiatif lagi adalah Hub Sektor Swasta, saluran khusus untuk berbagi peluang pemasok dan investasi dengan sektor swasta.

Jerry Todd, Kepala Divisi Pembangunan Nasional PIF, mengatakan pemberdayaan sektor swasta merupakan salah satu prioritas utama PIF mengingat peran sektor tersebut yang krusial dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Saudi.

Yang pertama dari jenisnya, Forum Sektor Swasta telah mengumpulkan eksekutif PIF, menteri, pejabat senior pemerintah, dan perwakilan dari 50 perusahaan portofolio PIF, serta lebih dari 4.000 peserta sektor swasta yang mewakili berbagai sektor.


Baca juga: Saudi umumkan 3 proyek investasi sektor besi dan baja 9 miliar dolar
Baca juga: CEO Aramco peringatkan krisis minyak global karena kurangnya investasi
Baca juga: Ingin kontrak kerajaan, perusahaan global harus berkantor di Saudi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023