Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan, hanya dua Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Selatan yang masih terdampak banjir hingga Rabu pukul 12.00 WIB.

Berdasarkan data dari BPBD DKI yang disampaikan di Jakarta, wilayah yang masih tergenang di Jakarta Selatan, yakni satu RT di Kelurahan Tegal Parang. Banjir setinggi 30 sentimeter (cm) itu akibat luapan Kali Krukut.

Selain itu, satu RT di Kelurahan Kuningan Barat masih dilanda banjir setinggi 30 cm. Banjir tersebut akibat luapan Kali Mampang.

Baca juga: BPBD DKI: Sembilan RT di Jakarta Selatan tergenang banjir

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Isnawa Adji pada Rabu pagi mengemukakan, jika sebelumnya tercatat ada dua ruas jalan dan tujuh RT yang tergenang pukul 07.00 WIB, maka pukul 09.00 WIB sudah menjadi sembilan RT di Jakarta Selatan.

Yakni tujuh RT di Kelurahan Tegal Parang dan dua RT di Kelurahan Jati Padang.

"Tinggi genangan di Tegal Parang mencapai 30 cm dan Jati Padang mencapai 10 cm yang disebabkan curah hujan tinggi serta luapan Kali Krukut," katanya.

Namun pada Rabu siang banjir di dua lokasi tersebut berangsur-angsur surut dan bisa diatasi pihak terkait. Penanganan itu dipantau oleh Camat Mampang Prapatan, Ujang Harmawan.

"Banjir kini telah surut. Kami pihak kelurahan turun langsung membantu warga membersihkan sisa banjir yang terjadi akibat luapan kali Krukut tersebut," kata Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Tegal Parang, Agus Muharam di Jakarta, Rabu.
​​​​​​
Baca juga: Permukiman Kebon Pala masih terendam banjir

Pihak kelurahan kemudian memberikan bantuan kepada sejumlah korban terdampak banjir di kawasan Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kegiatan ini dilakukan bersama tenaga kesehatan dari Puskesmas dengan membagikan sabun pembersih lantai ke setiap rumah warga.

Selain itu, pihaknya juga mengerahkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk membersihkan lingkungan sekitar.

"Saya harap dengan adanya bantuan membersihkan lingkungan serta pemberian sabun pembersih bisa meringankan beban warga," katanya.

Adapun RT yang sempat tergenang di antaranya RT 002, 003, 004, 008/RW 07 dan RT 004, 005, 006/RW 05.
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023