Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar menyantuni ribuan santri yatim piatu yang bermukim di Istana Anak Yatim, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu.

Ia merasa senang bisa berjumpa dengan para yatim piatu yang menimba ilmu di Istana Anak Yatim Tanah Bumbu tersebut.

"Saya tentu mohon maaf baru sempat ke sini lagi setelah sekian tahun. Maklum tidak ada pesawat Jakarta yang langsung ke sini. Kalau nanti sudah ada yang langsung ke sini Insyaallah tiap minggu saya ke sini," kata Muhaimin yang juga sebagai Wakil Ketua DPR RI itu dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Muhaimin merasa terharu dan sempat menitikkan air mata setelah perwakilan yatim piatu membacakan surat khusus yang mendoakan dirinya agar sukses menjadi pemimpin Indonesia dan gigih memperjuangkan amanat kaum santri.

"Saya merasa semakin yakin dan optimistis karena doa-doa kalian. Semua tantangan, hambatan, dan persoalan alhamdulillah bisa diatasi dengan baik," ujar Wakil Ketua DPR RI.

Dia mengatakan dirinya semakin yakin akan langkah perjuangannya karena didoakan anak yatim piatu.

Baca juga: Muhaimin ajak perjuangkan kesetaraan dan hak perempuan
Baca juga: Muhaimin minta Pemerintah beri keringanan PNBP bagi nelayan


"Memang saya ini sedang terus berjuang, berjuang untuk kalian semua, berjuang untuk bangsa ini agar terwujud Indonesia yang lebih adil, lebih makmur, dan lebih sejahtera," ucapnya.

Muhaimin menambahkan bahwa fokus perjuangannya adalah menghadirkan kepedulian negara kepada pendidikan, anak yatim piatu, kaum lemah, dan para santri agar dapat merasakan keadilan, kemakmuran, dan kesejahteraan.

"Saya terus berikhtiar agar seluruh umat Islam Indonesia khususnya santri, adik-adik, dan anak-anakku semua menjadi orang-orang yang tangguh, unggul, kompeten, dan siap bersaing dengan negara lain," tuturnya.

Sementara itu, pengasuh Istana Anak Yatim sekaligus Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengaku senang atas kehadiran Muhaimin. Ia menyampaikan sejarah dan kondisi Istana Anak Yatim yang diasuhnya kepada Muhaimin.

"Alhamdulillah sekarang sudah ada 14 santri di sini yang sudah selesai S2, lalu sekitar 300-an lebih santri sudah selesai S1, dan ribuan santri bermukim di sini," kata Zairullah.

Pada kesempatan itu Muhaimin hadir didampingi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PKB Jazilul Fawaid.

Kemudian, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PKB Hasanuddin Wahid, Wakil Bendahara Umum (Wabendum) DPP PKB Bambang Susanto, dan anggota DPR RI Fraksi PKB Heru Widodo.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023