Jakarta (ANTARA) - Aktivis penyelamat hewan berkomitmen mengawal pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) terkait larangan konsumsi daging anjing di Jakarta.

Pendiri Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru mengatakan komitmen tersebut ditandai dengan audiensi komunitas penyelamat hewan, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, dan DPRD DKI Jakarta.

"Kami berniat memberikan masukan serta persiapan Raperda pelarangan konsumsi daging anjing yang sepertinya sudah jadi suatu urgensi di Jakarta," kata Doni keterangan resmi diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam pertemuan itu, hadir Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDI Perjuangan Hardiyanto Kenneth, Founder Animal Defenders Indonesia Doni Herdaru dan Founder Animals Hope Shelter Christian Joshua Pale.

Doni beserta aktivis lainnya memberikan masukan serta persiapan tentang Raperda soal pelarangan daging anjing kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas KPKP.

Doni menjelaskan bahwa pihaknya membahas soal program yang sedang dikerjakan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), yakni terkait kesejahteraan hewan.

"Kami juga tahu bahwa ada timeline yang sedang dijalankan oleh Kementan, mengurus tentang Kesejahteraan Hewan. Nanti turunannya akan dijadikan kajian untuk Raperda, serta menjadi Perda di DKI Jakarta," kata Doni.

Aktivis penyelamat hewan juga meminta Anggota DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth untuk mengawal peraturan dan sanksi dalam raperda tersebut.

Sementara itu, Legislator Hardiyanto Kenneth mengatakan pembahasan antara aktivis penyelamat hewan dan Dinas KPKP masih berproses melalui Kementan.

"Masih berproses, karena tadi pembahasan beliau harus dari peraturan Kementerian Pertanian dahulu. Nanti turunannya, baru mereka (Dinas KPKP) akan bikin peraturan Kesejahteraan Hewan," kata Hardiyanto.

Ia menjanjikan kajian aturan soal kesejahteraan hewan dapat masuk ke tahap pembahasan Perda.

Baca juga: Animal Defenders & Gojek kolaborasi berantas penjualan daging anjing

Baca juga: Jateng gandeng tokoh agama gencarkan setop konsumsi daging anjing

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023