Jakarta (ANTARA/JACX) – Sorotan terhadap harta kekayaan para pejabat Kementerian Keuangan, termasuk gaya hidup mewah keluarga mereka oleh masyarakat berawal dari unggahan keluarga mantan pegawai Kementerian Keuangan, Rafael Alun Trisambodo.

Penelusuran asal harta kekayaan pejabat Kemenkeu pun bergulir hingga ke Komisi Pemberantasan Korupsi, bahkan muncul pernyataan dari Menko Polhukam Mahfud MD tentang transaksi mencurigaan di Kemenkeu sebesar Rp300 triliun.

Mahfud mengatakan transaksi mencurigakan itu sudah sejak 2009 dan melibatkan 460 orang di Kemenkeu.

Namun, terapat unggahan Facebook yang menarasikan Mahfud menemukan bukti transfer Rp300 Triliun dari Sri Mulyani ke Luhut Pandjaitan.

Unggahan video berdurasi delapan menit tersebut disukai oleh lebih dari empat ribu pengguna lain dan dikomentari lebih dari 1,8 ribu pengguna lain.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“Tert4gkap Bas4, M4fud M- Bongk4 Bukt1Transfer 300Dari Sr1yan1Ke Luhvt”

Namun, benarkah fakta Menko Polhukam Mahfud MD menemukan bukti transaksi Rp300 triliun Sri Mulyani ke Luhut?

Unggahan disinformasi yang menyatakan bahwa Mahfud MD temukan transaksi Rp300 triliun Luhut dari Sri Mulyani. Faktanya, dalam unggahan tersebut tidak ada narasi seperti judul dalam unggahan video yang beredar. (Facebook)

Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, isi video di Facebook itu tidak menyebut bahwa Menko Polhukam Mahfud MD menemukan bukti transaksi Rp300 triliun ke Luhut Pandjaitan dari Sri Mulyani.

Unggahan tersebut hanya berisi potongan video tentang pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang tidak terkait dengan judul pada sampul konten video.

Sementara, narator video justru membacakan laporan Tribunnews berjudul ‘Terjawab dari Mahfud MD Transaksi 300 Triliun di Kemenkeu Ternyata Tindak Pidana Pencucian Uang’.

Dalam berita Tribunnews dijelaskan transaksi mecurigakan Rp300 triliun di Kemenkeu tersebut merupakan tindak pidana pencucian uang, bukan korupsi.

Gambar sampul unggahan video juga telah mengalami penyuntingan dengan membubuhkan wajah Sri Mulyani, Luhut Pandjaitan, dan Mahfud MD.

Unggahan yang menyatakan Menko Polhukam Mahfud MD menemukan transaksi Rp300 triliun ke Luhut dari Sri Mulyani, dengan demikian, merupakan hoaks.

Klaim: Mahfud MD temukan transaksi Rp300 triliun Luhut dari Sri Mulyani
Rating: Disinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video orang tua AG bersujud agar dibebaskan

Cek fakta: Hoaks! Luhut akan tangkap Anies terkait IMB warga Plumpang

Baca juga: Mahfud MD: Transaksi mencurigakan Rp300 triliun akumulasi sejak 2009

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023