Mari kita sama-sama menjaga kekompakan, menjaga toleransi, mencegah terjadinya polarisasi sehingga terjadilah yang dikatakan stabilitas politik dan juga stabilitas keamanan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus menggaungkan politik damai dengan mengajak seluruh elemen bangsa berkolaborasi menjaga stabilitas negara demi mencegah berbagai hal buruk jelang Pemilu 2024.

"Mari kita sama-sama menjaga kekompakan, menjaga toleransi, mencegah terjadinya polarisasi sehingga terjadilah yang dikatakan stabilitas politik dan juga stabilitas keamanan," kata Lodewijk dalam kunjungan kerja spesifik Komisi I DPR RI ke Provinsi Lampung, sebagaimana keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dia menyebut stabilitas politik dan keamanan bisa menghadirkan stabilitas ekonomi yang nantinya akan menguntungkan kehidupan masyarakat.

Baca juga: BNPT mitigasi ancaman pembelahan jelang Pemilu 2024

Baca juga: Rumah Hebat Indonesia minta media lebih berimbang jelang pemilu


"Insya Allah dengan adanya stabilitas ekonomi semua kebutuhan masyarakat akan mudah didapat dan akan tercukupi," ujarnya.

Sebelumnya, Rabu (15/3), DPR bersama Pemerintah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dilanjutkan untuk pengambilan keputusan pada paripurna terdekat.

"Selanjutnya kita akan bawa ke pembicaraan tingkat II untuk pengambilan keputusan dalam rapat paripurna DPR RI yang akan datang," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan pesta demokrasi penyelenggaraan pemungutan suara pemilihan umum serentak (untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota serta anggota DPD RI) akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023