Magetan (ANTARA) - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo menanam pohon dan membuat biopori di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia 2023 yang diperingati setiap tanggal 22 Maret.

Kepala BBWS Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan penanaman pohon tersebut untuk mendukung ketahanan pangan dan pelestarian sumber daya air, serta mengurangi dampak pemanasan global.

"Penanaman pohon yang kita lakukan kali ini sebanyak 100 pohon. Hal ini untuk menjaga kelestarian sumber daya air, juga dilakukan pembuatan biopori. Diharapkan bisa meminimalisir risiko kekurangan air, mengurangi pemanasan global, serta ke depan Bendung Jati bisa terjaga sumber airnya," ujar Maryadi di sela kegiatan Gerakan Menanam Pohon dan Memasyarakatkan Biopori di Bendung Jati Desa Gorang Gareng, Kecamatan Nguntoronadi, Magetan, Kamis.

Menurut dia, penanaman pohon di area "green belt" atau sabuk hijau bendungan itu merupakan salah satu implementasi arahan dari Menteri PUPR. Di mana, saat membangun infrastruktur ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni kualitas, estetika, dan keberlangsungan lingkungan.

Baca juga: Ponpes di Temanggung wajibkan santri khatam Quran tanam pohon

Baca juga: Komunitas KSI adakan gowes sambil tanam pohon di Jakarta


"Untuk itu dilaksanakan kegiatan penanaman pohon di area green belt bendungan yang mencakup tiga hal tersebut," kata dia.

Selain itu, gerakan menanam pohon dan memasyarakatkan biopori tersebut juga untuk mencegah krisis air global di masa depan sekaligus menyambut puncak peringatan Hari Air Dunia yang tahun ini mengambil tema "Be the Change You Want to See in the World" dengan sub tema "Gerakan Memasyarakatkan Biopori".

Bupati Magetan Suprawoto menyambut baik kegiatan tersebut yang mengingatkan kembali akan pentingnya menanam pohon.

"Musim hujan kita maknai bukan waktunya banjir, tapinya waktu yang tepat untuk menanam. Jadi walaupun agak terlambat, tapi beruntung kita masih ada hujan. Oleh sebab itu kita berharap dengan penanaman ini nantinya pohon akan tumbuh, bukan acara seremonial belaka," kata Bupati Suprawoto.

Sementara, dalam acara tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Komunitas Peduli Sungai oleh Bupati Magetan Suprawoto. Dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bibit pohon dan biopori dan dilakukan penanaman pohon.

Hadir dalam acara tersebut Kepala BBWS Bengawan Solo, Bupati Magetan, Ketua DPRD Magetan, Sekda Magetan, Perwakilan Forkopimda Magetan, Kepala OPD terkait, Komunitas Peduli Sungai, dan undangan lainnya.*

Baca juga: PTPN XII tanam ribuan bibit pohon di kebun Jatirono Banyuwangi

Baca juga: PLN NTT tanam ratusan bibit pohon penghijauan lokasi jaringan listrik

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023