Madiun (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo melakukan susur sungai dan bersih-bersih sampah di Sungai Bengawan Madiun sebagai bentuk kampanye cinta habitat sungai.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan kegiatan itu sebagai salah satu bentuk kampanye memerdekakan sungai dari sampah dan berbagai jenis limbah industri dan rumah tangga.

"Air itu faktor utama kehidupan. Kita bersyukur Kota Madiun dilalui sungai sehingga sungai ini akan menyempurnakan kehidupan di Kota Madiun. Oleh karena itu, sungai harus kita rawat dan jaga bersama," ujar Maidi dalam kegiatan susur sungai dan bersih-bersih sampah di seputar Taman Bantaran Kota Madiun, Kamis.

Baca juga: BPBD Kota Madiun rutin bersihkan sampah sungai cegah luapan air

Menurut dia, kegiatan yang digelar dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional yang diperingati setiap 27 Juli tersebut bertujuan untuk melestarikan keberadaan sungai, karena air dan sungai merupakan sumber kehidupan.

"Sungai di Madiun harus bersih, sehingga kita punya tim Jogo Kali. Semakin air bersih, semua kehidupan akan sempurna," katanya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo Maryadi Utama mengatakan kegiatan susur sungai itu dilakukan sebagai bentuk edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sungai bagi kehidupan.

Baca juga: Pemkab Madiun libatkan 1.000 relawan bersih-bersih sungai

"Susur sungai itu untuk memastikan bahwa sungai kita tidak tercemar dari sampah, dan sungai ini bisa ditebari ikan, bisa menjadi tempat wisata. Karena kalau sungainya bersih tentunya bisa menyejahterakan masyarakat. Tadi kita lihat, sungainya terjaga," katanya.

Maryadi mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai karena dapat mencemari lingkungan. Hal itu sejalan dengan tema menuju 10 tahun "World Water Forum" yaitu, "Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam".

Selain susur sungai, juga dilakukan kegiatan penanaman bibit pohon dan penaburan benih ikan di Bengawan Madiun.

Baca juga: Madiun bersihkan sungai untuk cegah banjir

Kemudian juga pemasangan papan imbauan agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai. Maryadi berharap masyarakat ikut terlibat dalam meningkatkan kebersihan sungai.

BBWS Bengawan Solo bekerja sama dengan pemda juga akan terus melakukan edukasi masyarakat, khususnya mengenai pentingnya sungai agar tetap terjaga sebagai salah satu sumber kehidupan manusia.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023