Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi kemarin yang masih menarik untuk dibaca, mulai dari Kemenhub buka mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut hingga Bank BTN angkat Nixon LP Napitupulu jadi Direktur Utama.

1. Kemenhub buka mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka program mudik gratis sepeda motor dengan kapal laut pada masa angkutan Lebaran 2023 dan diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut sebagai upaya mengurangi kepadatan di jalan raya.

"Kami memberikan mudik gratis, yaitu di tanggal 15 dan 17 April dari Jakarta (Pelabuhan Tanjung Priok) ke Semarang (Pelabuhan Tanjung Emas), kemudian arus baliknya Semarang ke Jakarta tanggal 25 dan 28 April," kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hendri Ginting saat media briefing "Kesiapan Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2023" di Gedung Kemenhub, Jakarta, Kamis (16/3).

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


2. Indef: Sektor riil menahan dampak penutupan SVB ke ekonomi Indonesia

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Ahmad Heri Firdaus mengatakan pertumbuhan sektor riil dapat menahan dampak penutupan Silicon Valley Bank (SVB) dan potensi pelemahan kinerja start up bagi perekonomian Indonesia.

Beberapa perusahaan rintisan berbasis teknologi atau start up mulai melakukan lay off akhir 2022 sebagai dampak dari pelemahan kinerja karena aktivitas masyarakat yang kembali normal.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


3. BI sediakan Rp195 triliun layani penukaran uang sambut Idul Fitri

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Aida S Budiman mengatakan BI menyediakan uang tunai sebanyak Rp195 triliun untuk melayani kebutuhan masyarakat yang akan menukarkan uang dalam menyambut Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


4. KemenKop UKM minta e-Commerce menutup toko pakaian impor bekas

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba meminta Indonesian e-Commerce Association (idEA) untuk menutup toko yang menjual produk pakaian impor bekas di platform e-commerce.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini


5. Bank BTN angkat Nixon LP Napitupulu jadi Direktur Utama

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta, Kamis, mengangkat Nixon LP Napitupulu yang sebelumnya menjabat sebagai wakil direktur utama menjadi direktur utama perseroan menggantikan Haru Koesmahargyo.

Berita selengkapnya bisa dibaca di sini

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023