Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak memunculkan cara-cara baru dalam berkompetisi mewujudkan Indonesia maju, karena persaingan antarnegara tidak mudah.

"Persaingan antarnegara itu tidak gampang dan mudah, sehingga kita jika tidak memunculkan cara-cara baru dalam berkompetisi, ya kita akan kalah, dan terus akan menjadi negara berkembang," kata Presiden di Kalimantan Selatan, Jumat.

Baca juga: Jokowi: IKN pintu gerbang percepatan pembangunan di Kalimantan

Demikian disampaikan Presiden dalam sambutannya pada acara Istighosah dan Doa Bersama Rabithah Melayu-Banjar, Tabalong, Kalimantan Selatan, Jumat, yang dipantau melalui siaran langsung Youtube Sekretariat Presiden, di Jakarta, Jumat.

Dia menekankan banyak negara di Amerika Latin dan Asia, terus menjadi negara berkembang selama 50-70 tahun karena tidak berani mengubah dirinya.

Menurut Presiden, keberanian mengubah diri melalui cara-cara baru harus dipikirkan ke depan, agar generasi muda terbiasa dan bisa bersaing.

"Karena tidak berani mengubah dirinya, SDM-nya dengan cara-cara kerja baru, dengan kerja keras, mengubah pola pikir, itu yang dipikirkan ke depan, sehingga yang muda-muda ini mau kerja keras, karena saudara-saudara semuanya ini akan bersaing dengan SDM-SDM negara-negara lain," ujar Jokowi.

Baca juga: Jokowi apresiasi dukungan masyarakat Melayu Banjar terhadap IKN
Baca juga: Jokowi akan hadiri istigasah dan resmikan infrastruktur di Kalsel

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023