Tan Kefei menegaskan bahwa China menjunjung tinggi kebebasan navigasi dan penerbangan lintas perbatasan oleh semua negara sesuai dengan hukum internasional.
Beijing (ANTARA) - Juru bicara Kementerian Pertahanan China Tan Kefei pada Kamis (16/3) meminta Amerika Serikat berhenti membuat komentar yang tidak bertanggung jawab dan memfitnah militer negaranya.

Dia mengatakan militer China menangani konfrontasi udara dan maritim dengan angkatan militer asing sesuai dengan hukum dan peraturan, dan selalu menjadi kekuatan yang gigih bagi perdamaian dunia.

Tan Kefei menegaskan bahwa China menjunjung tinggi kebebasan navigasi dan penerbangan lintas perbatasan oleh semua negara sesuai dengan hukum internasional. Selain itu, menjaga keamanan jalur laut, seperti yang tercantum dalam buku putih berjudul "Pertahanan Nasional China di Era Baru".

Dia justru menilai AS memanfaatkan hegemoni kekuatan militer untuk melakukan koersi, pembatasan, dan peperangan di seluruh dunia, mengincar blok-blok eksklusif, serta menghasut konfrontasi, sehingga menjadi ancaman terbesar bagi perdamaian dan stabilitas global.

Menurut dia, militer China bersedia bekerja sama dengan angkatan militer dari negara lain untuk secara tegas mewujudkan tujuan dan prinsip-prinsip Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Selain itu, Tan Kefei mengatakan China berkomitmen memenuhi tanggung jawab dan kewajiban internasional, dan memberikan kontribusi positif untuk membangun komunitas manusia dengan masa depan bersama.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023