Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat agar mewaspadai potensi hujan disertai angin kencang di sebagian wilayah Sumatera Utara.

"Waspada perubahan cuaca signifikan secara tiba-tiba yaitu hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpotensi disertai petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Wilayah I Medan Defri Mandoza, di Medan, Sabtu.

Baca juga: Hari Meteorologi Dunia pengingat perubahan iklim

Secara umum cuaca di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan pada siang dan sore hari berpeluang hujan ringan di Kepulauan Nias, Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Dairi, Pakpak Barat, Samosir, Toba, Simalungun, Madina, Sibolga, Humbahas, Padang Lawas, Tapsel, Taput, dan Tapteng.

Malam hari berpeluang hujan ringan hingga sedang di wilayah Kepulauan Nias, Pakpak Bharat, Humbahas, Tapanuli Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, Tapanuli Tengah. Tapanuli Utara, Langkat, Karo, Dairi, Toba, Samosir, Mandailing Natal, Simalungun, Padang Lawas, dan Padang Lawas Utara.

Baca juga: BRIN rumuskan aksi mitigasi krisis pangan akibat anomali cuaca

Sementara suhu udara 16-33 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari Timur Laut-Tenggara dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Baca juga: Kiat jaga kesehatan saat cuaca ekstrem
Baca juga: BI: Antisipasi risiko cuaca buruk untuk jaga ketersediaan pangan


Pewarta: Juraidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023