Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita politik sepekan menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, soal Menko PMK ditunjuk sebagai Plt Menpora RI hingga Manpan RB imbau ASN tak pamer harta.
 
Berikut enam berita politik sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:
 
Presiden tunjuk Menko PMK sebagai Plt Menpora RI

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (Plt.) menteri pemuda dan olahraga selepas pengunduran diri Zainudin Amali.
 
Presiden Jokowi, saat ditemui pada sela-sela kegiatannya di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin, menyampaikan sejauh ini dia belum menentukan pengganti definitif Menpora RI.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Wapres minta pemda daftarkan penduduk rentan di Program JKN
 
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah dapat berperan lebih dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dengan mendaftarkan penduduk rentan di Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
“Pemerintah daerah saya minta dapat mengambil peran lebih dengan mendaftarkan penduduk rentan ke BPJS Kesehatan, antara lain para penyandang disabilitas, warga lanjut usia, dan masyarakat terlantar,” tegas Wapres pada acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kepada Pemerintah Daerah di Balai Sudirman Jakarta, Selasa.
 
Selengkapnya baca di sini
 
DPR dan Pemerintah setujui draf Perpu Pemilu lanjut ke paripurna
 
DPR bersama Pemerintah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Perubahan atas UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu dilanjutkan untuk pengambilan keputusan pada paripurna terdekat.
 
"Selanjutnya kita akan bawa ke pembicaraan tingkat II untuk pengambilan keputusan dalam rapat paripurna DPR RI yang akan datang," kata Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Menpan RB imbau ASN tidak pamer harta dan hidup sederhana
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengimbau seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak melakukan aksi pamer harta dan hidup sederhana.
 
Hal tersebut sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo untuk hidup sederhana, dengan demikian pihaknya kembali mengeluarkan imbauan kepada seluruh kepala daerah agar menerapkan imbauan tersebut.
 
"Presiden sudah jelas memberikan arahan soal hidup sederhana dan tidak pamer harta dan kita mengeluarkan imbauan kembali ke pimpinan daerah untuk tidak pamer harta dan hidup sederhana," kata dia di Kota Bengkulu, Kamis.
 
Selengkapnya baca di sini
 
Megawati dan Presiden bahas persoalan bangsa hingga pemilu di Istana

Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu, untuk membahas sejumlah persoalan bangsa hingga pelaksanaan Pemilu 2024.
 
Menurut informasi Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang diterima di Jakarta, Sabtu, pertemuan itu merupakan pertemuan periodik antara kedua tokoh.
 
Selengkapnya baca di sini

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023