Nabi mengatakan kalau besok kiamat datang, hari ini bisa tanam pohon. Jadi menanam pohon merupakan bagian dari pada iman dan perintah Nabi Muhammad SAW
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan penanaman pohon kelengkeng pada acara Gerakan Penanaman Pohon Serentak di seluruh Indonesia, yang dilakukan usai menghadiri acara Hari Desa Asri Nusantara 2023, di Pelalawan, Riau, Senin.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, penanaman pohon ini secara serentak juga diikuti oleh seluruh desa se-Indonesia secara daring yang diwakili oleh 8 titik desa.

Dalam sambutan yang disampaikan sebelum melakukan penanaman pohon, Wapres Ma'ruf Amin mengingatkan bahwa menanam pohon merupakan sebagian dari iman.

Menurut Wapres, dengan menanam pohon maka manusia telah turut mengambil perannya dalam menjaga dan memakmurkan bumi.

"Di antara itu banyak hal yang harus dilakukan, menanam pohon salah satu cabang dari pada iman. Artinya, menunjukkan itu adalah bagian daripada keimanan," kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Wapres: Gerakan Desa Menghijaukan Dunia aksi nyata perubahan iklim

"Nabi mengatakan kalau besok kiamat datang, hari ini bisa tanam pohon. Jadi menanam pohon merupakan bagian dari pada iman dan perintah Nabi Muhammad SAW," lanjut Wapres.

Pada kesempatan tersebut Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan pantun sembari menyampaikan harapannya, agar penanaman pohon yang dilakukan dapat memberi kemaslahatan bagi seluruh umat manusia, melalui desa yang asri dan hijau.

"Menanam pohon di Kabupaten Pelalawan. Pohon rindang, bumi berseri-seri. Bangun desa sepenuh hati nyalakan harapan. Desa Indonesia, ASRI dan Mandiri," ujar Wapres Ma'ruf Amin berpantun.

Baca juga: Wapres minta semua pihak komitmen implementasi program ketahanan iklim
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023