Program komunikasi tentunya diciptakan untuk mendukung target organisasi. Program ini mendorong aksi anak muda yang siap menjadi bagian pencapaian target net zero emission ke depan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian ESDM menyabet Gold Winner PR Indonesia Awards (PRIA) 2023 untuk kategori Program PR Sub Kategori Government PR lewat program Youth Movement G20 Energy Transitions.

Program Youth Movement G20 Energy Transitions merupakan kegiatan komunikasi, yang diselenggarakan sepanjang 2022 dalam rangka memberikan dukungan bagi Presidensi G20 Indonesia, yang salah satu isu utamanya adalah mengenai transisi energi.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan kegiatan tersebut diangkat sebagai side event G20 pada Energy Transition Working Group (ETWG) dan Energy Transistion Ministrial Meeting (ETMM).

Mendapat dukungan dari USAID SINAR (Sustainable Energy for Indonesia's Advancing Resilience), menurut dia, program itu menyasar anak muda, dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia untuk pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia.

"Program komunikasi tentunya diciptakan untuk mendukung target organisasi. Program ini mendorong aksi anak muda yang siap menjadi bagian pencapaian target net zero emission ke depan," katanya.

Apresiasi itu, lanjut Agung, menjadi salah satu bentuk konsistensi dan kerja keras pemerintah dalam menunjukkan keseriusan mencapai target-target nasional.

Ia juga mengharapkan ke depan semakin banyak pihak yang dapat terlibat dalam aksi-aksi transisi energi.

Mengedepankan kolaborasi dengan seluruh pihak, lanjutnya, menjadi kunci untuk menjawab tantangan dan tanggung jawab yang besar.

"Transisi energi mutlak dilakukan dan merupakan tanggung jawab kita bersama untuk mewujudkannya," ujar Agung.

Pada perhelatan yang digelar di Denpasar, Bali, Jumat (17/3) itu, Kementerian ESDM juga mendapatkan beberapa penghargaan yaitu Gold Winner pada kategori Program PR-Sub Kategori Government PR Youth Movement G20 Energy Transition dan Silver Winner untuk kategori Departemen PR.

Penghargaan juga diraih pada kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022-Sub Kategori Kementerian dan kategori Best Presenter oleh Arid Riza Abadi.

PRIA adalah ajang penghargaan bergengsi untuk kinerja public relation bagi korporasi, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah di seluruh Indonesia.

Penghargaan ini mencerminkan pencapaian tertinggi kinerja komunikasi korporasi/organisasi.

Pada 2023, tercatat sebanyak 836 entri kategori yang dipertandingkan, terdiri atas kategori Owned Media, Kanal Digital, Program PR, Program CSR, Manajemen Krisis, Departemen PR, hingga Laporan Tahunan.

Baca juga: Kementerian ESDM raih juara pertama Penerapan Layanan SPBE Kementerian

Baca juga: Kementerian ESDM Kembali Serahterimakan Ribuan Unit Infrastruktur Vital

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023