Balikpapan (ANTARA) - Maskapai penerbangan Pelita Air membuka penerbangan  rute Balikpapan-Jakarta rutin setiap hari, mulai Senin (20/3) dengan menggunakan pesawat Airbus 320.

"Penerbangan perdana pesawat Pelita Air mengangkut 175 penumpang, mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan pada pukul 09.57 WITA. Satu jam kemudian, tepat pukul 10.58 WITA, pesawat terbang kembali ke Jakarta mengangkut 140 penumpang," kata  General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Ahmad Syaugi Wahab, di Balikpapan, Senin.

Semoga dengan bertambahnya maskapai yang beroperasi di Bandara Sepinggan, katanya dapat memberikan kemudahan kepada pengguna jasa angkutan udara.

Dalam jadwal yang beredar di laman penjualan tiket online seperti traveloka.com atau pun tiket.com, jam keberangkatan dari Balikpapan adalah pukul 10.25 WITA dan diharapkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Tangerang, Banten, pukul 11.35 WIB.

Selain Pelita Air, rute Balikpapan-Jakarta dan Jakarta-Balikpapan sudah dilayani oleh Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Super Airjet,

Berdasarkan data trafik yang dihimpun Bandara Sepinggan sejak Januari 2023 sampai dengan Februari 2023, rute Balikpapan-Jakarta, dari sudah menerbangkan 121.680 penumpang, Kemudian rute ke Surabaya ada 89.389 penumpang dan ke Makassar sebanyak 40.780 penumpang.

Saat ini juga Bandara Sepinggan melayani 17 rute penerbangan domestik dengan delapan maskapai dan dua rute penerbangan internasional dengan dua maskapai yakni Air Asia ke Kuala Lumpur dan Scoot ke Singapura. 

Pasca wabah COVID-19  terkendali, jumlah penumpang dan jumlah maskapai yang melayani penerbangan dari dan ke Bandara Sepinggan meningkat.

Pewarta: Novi Abdi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023