Kepala Administrasi Umum Kepabeanan (GAC) China Yu Jianhua mengatakan jumlah peti kemas untuk ekspor telah meningkat sejak akhir Februari 2023.
Beijing (ANTARA) - Perdagangan luar negeri China membuka tahun 2023 dengan kinerja yang baik dan akan diikuti tren optimistis, kata seorang pejabat bea cukai China pada Senin (20/3).

Kepala Administrasi Umum Kepabeanan (GAC) China Yu Jianhua mengatakan jumlah peti kemas untuk ekspor telah meningkat sejak akhir Februari 2023. Hal itu dikatakannya menanggapi laporan terkait peti kemas kosong yang bertumpuk di pelabuhan-pelabuhan China sehingga memicu kekhawatiran terkait perdagangan.

Menurut Yu, data mingguan GAC menunjukkan bahwa perdagangan mengalami peningkatan sejak Februari. Dia mengatakan meskipun perdagangan barang luar negeri turun tipis 0,8 persen secara tahunan (YoY) dalam dua bulan pertama, namun ekspor meningkat 0,9 persen yang melebihi ekspektasi.

Perusahaan-perusahaan perdagangan telah melaporkan peningkatan jumlah pesanan baru, dan total ekspor kendaraan listrik, baterai lithium-ion, dan baterai surya melonjak dalam dua bulan pertama, kata Yu. Dia menjelaskan pencapaian-pencapaian itu dapat meningkatkan pertumbuhan perdagangan di bulan-bulan mendatang.

Yu juga memperingatkan tentang potensi masalah seperti berkurangnya permintaan eksternal dan lambatnya pembayaran dari sejumlah negara. Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) menurunkan perkiraan pertumbuhan perdagangan global untuk tahun 2023 dari 3,4 persen menjadi 1 persen pada Oktober tahun lalu.

"Di bawah iklim perdagangan eksternal yang kompleks terdapat peluang, dan tantangannya lebih bersifat global daripada lokal," kata Yu, saat mengungkapkan keyakinannya dalam mengamankan pertumbuhan perdagangan yang stabil tahun ini seiring berlanjutnya pemulihan ekonomi China.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023