menjadi landasan mekanisme bilateral serta dasar bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk secara aktif berkontribusi
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengungkapkan Indonesia dan Korea Selatan telah memiliki Nota Kesepahaman tentang Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Indonesia dan Korea Selatan telah memiliki Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama Teknis Pemindahan dan Pembangunan IKN yang akan menjadi landasan mekanisme bilateral serta dasar bagi perusahaan-perusahaan Korea Selatan untuk secara aktif berkontribusi dalam bekerja sama membangun IKN Nusantara," ujar Diana dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, adapun bentuk kerja sama yang dilakukan yaitu pertukaran informasi, berbagi pengalaman, pengetahuan dan teknologi, pengiriman tenaga ahli, peningkatan kapasitas, proyek percontohan dan bentuk kerja sama teknis lainnya.

Pemerintah Korea Selatan melalui Kementerian Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi (Ministry for Land, Infrastructure and Transport atau MOLIT) memberikan program-program dukungan untuk pembangunan IKN di antaranya dukungan teknis untuk IKN termasuk pengiriman 25 pegawai muda PUPR untuk mengikuti pelatihan di Korea Selatan.

Baca juga: PUPR: Perusahaan patungan BUMN Karya bisa mempercepat pembangunan IKN

Baca juga: Perusahaan asing tertarik berinvestasi di Nusantara IKN Indonesia


Kemudian pembangunan sistem penyediaan air bersih untuk IKN dengan kapasitas 350 liter/detik, studi kelayakan atau feasibility study untuk proyek pendukung Immersed Tunnel di Teluk Balikpapan (Jalan Tol Akses IKN), proyek hibah pipeline dari Korea International Cooperation Agency (KOICA), dan proyek Korea City Network (KCN).

Sebelumnya, Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-Ryong didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Republik Indonesia Diana Kusumastuti mengunjungi lokasi pembangunan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanahan Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Won Hee-Ryong menyatakan komitmennya untuk mendukung suksesnya pembangunan IKN.

Dia berharap dapat bekerja sama dan berkolaborasi untuk membangun teknologi kota pintar (smart city) di IKN.

Baca juga: Waskita Beton berkomitmen optimalkan TKDN dalam pembangunan IKN

Baca juga: Kementerian PUPR: Semua ruas tol baru di IKN diterapkan MLFF

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023