Makassar (ANTARA) - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar menurunkan tim untuk memantau hilal awal bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

Anggota Tim Observasi BBMKG Wilayah IV Makassar Kaharuddin mengatakan bahwa dua tim pemantau diturunkan untuk mengamati hilal menggunakan teropong di area Pantai Galesong, Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Rabu sore.

Ia mengatakan bahwa pemantauan hilal awal Ramadhan melibatkan tim dari BBMKG Wilayah IV Makassar dan Stasiun Geofisika Gowa serta anggota organisasi massa Islam dan mahasiswa.

"Kami akan turun bersama untuk melakukan pemantauan hilal setelah sore hingga matahari terbenam," kata Kaharuddin.

Guna mendukung Kantor Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan memantau hilal awal Ramadhan 1444 Hijriah, ia mengatakan, BBMKG sudah memasang peralatan pendukung pengamatan di Pantai Galesong.

Menurut dia, pemantauan hilal akan dimulai pukul 17.00 WITA hingga matahari terbenam dan bulan muncul.

Kementerian Agama telah menetapkan 124 lokasi pemantauan hilal atau rukyatul hilal di seluruh Indonesia.

Kantor Wilayah Kementerian Agama tingkat provinsi dan Kantor Kementerian Agama tingkat kabupaten/kota akan melaksanakan pengamatan hilal dengan dukungan dari instansi pemerintah lain dan organisasi kemasyarakatan.

Hasil pengamatan hilal dan perhitungan astronomis akan dijadikan sebagai pertimbangan dalam menentukan awal Ramadhan 1444 Hijriah dalam sidang isbat pada Rabu petang di Kantor Kementerian Agama.

Baca juga:
Observatorium Bosscha ITB lakukan pengamatan hilal awal Ramadhan
BMKG bantu pantau hilal awal Ramadhan di Aceh

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023