Mengingat arus mudik Lebaran 2023 yang semakin dekat, Bandara Radin Inten II Lampung telah menyelenggarakan Foreign Object Debris (FOD) Walk yaitu pembersihan benda asing yang bisa merusak pesawat
Bandarlampung (ANTARA) - Bandara Radin Inten II Lampung telah melakukan ramp check atau pengecekan kondisi bandar udara maupun pesawat untuk mempersiapkan angkutan Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023.

"Mengingat arus mudik Lebaran 2023 yang semakin dekat, Bandara Radin Inten II Lampung telah menyelenggarakan Foreign Object Debris (FOD) Walk yaitu pembersihan benda asing yang bisa merusak pesawat dan ramp check pesawat," ujar EGM Bandara Radin Inten II Lampung, Untung Basuki, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut telah dilakukan sejumlah hal meliputi membersihkan sisi lapangan udara, memeriksa kondisi, kesiapan, kelengkapan semua kendaraan bermotor atau tidak bermotor.

"Lalu mengadakan penyegaran kepada semua personel sisi udara, terkait penerapan SOP, APD, aturan kecepatan, dan marka. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan agar tercipta bandar udara (bandara) yang siap dan aman selama arus mudik Lebaran 2023," katanya.

Menjelang berlangsungnya angkutan Lebaran 2023 pihaknya akan terus memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna transportasi udara.

Baca juga: Kemenhub lakukan inspeksi pesawat di 38 bandara

"Rencana operasi angkutan Lebaran 2023 akan diselenggarakan pada tanggal 12 April - 3 Mei 2023 atau 10 hari menjelang hingga 10 hari setelah Lebaran. Bandara Radin Inten II Lampung, akan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan terpenuhinya pelayanan yang lebih baik," tambahnya.

Menurut dia, selama operasi angkutan Lebaran 2023 akan disediakan pula Posko Lebaran yang melibatkan berbagai pihak.

"Jadi untuk memastikan keamanan serta kenyamanan, akan ada Posko Lebaran di lingkungan Bandar Udara Radin Inten II Lampung. Dan akan bekerja sama dengan berbagai pihak antara lain Angkasa Pura II selaku operator bandara, AirNav, TNI, Polri, BMKG, Basarnas, KKP dan airlines," ucapnya.

Ia mengharapkan dengan adanya pemeriksaan kelaikan pesawat, landasan, petugas, hingga pembuatan posko, dapat menjaga pelayanan kepada pengguna transportasi udara pada periode angkutan Lebaran 2023.

Baca juga: AirNav siap layani lonjakan trafik mudik Lebaran 2023
Baca juga: AP II sebut tingkat pemulihan angkutan Lebaran 2023 hampir 100 persen
Baca juga: AP I siagakan tiga bandara 24 jam selama periode angkutan Lebaran 2023

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023