Jakarta (ANTARA) - Sutradara Ben Affleck mengungkapkan sejumlah permintaan dari Michael Jordan terkait penggarapan film "Air" salah satunya mengenai sosok yang tepat untuk memerankan ibu sang mantan megabintang NBA tersebut.

Jauh sebelum proses produksi film dilaksanakan, Affleck telah melakukan pendekatan kepada bekas shooting guard Chicago Bulls itu untuk memastikan Jordan menyukainya. Rupanya, pemilik klub Charlotte Hornets itu melemparkan sejumlah tuntutan kepada Affleck sebagai imbalan atas restu yang ia berikan.

Salah satunya mengenai hak veto tentang siapa sosok yang tepat untuk memerankan sang ibunda, Deloris Jordan. Menurut Affleck, Jordan tidak pernah menjadi seperti saat ini tanpa peran dari sang ibu. Jawaban dari pertanyaan tersebut mengerucut kepada satu sosok yaitu aktris Viola Davis.

Baca juga: Michael B. Jordan ingin kerja sama lagi dengan Jonathan Majors

"Bagi yang belum mengenalnya maka Michael Jordan adalah sosok yang sangat mengintimidasi dan mengesankan. Saat bercerita soal ayah dan ibunya maka itu kali pertama saya merasakan ekspresi hormat, kagum, cinta, dan kepolosan di wajahnya," kata Affleck seperti dilansir NME, Selasa (21/3).

Bagi Affleck, mendapatkan Davis untuk bermain di filmnya sama saja seperti mengajak Michael Jordan bermain basket di lapangan karena sang aktris adalah sosok paling laris di Hollywood sekaligus terbaik yang pernah ia temui.

"Sejujurnya, saya selalu merasa bahwa jika suatu hari saya menjadi sutradara dan memiliki Viola Davis dalam sebuah film, maka itu akan menjadi sesuatu yang luar biasa," kata Affleck yang akhirnya bisa mengajak sang aktris dalam film tersebut.

Baca juga: Tiket tak terpakai debut NBA Michael Jordan laku Rp6,7 miliar

Selain menentukan pemeran sang ibu, Michael Jordan juga meminta agar film tersebut menampilkan sosok wakil presiden jenama Jordan sekaligus eksekutif merek Nike yaitu Howard White yang sempat tidak dimunculkan dalam naskah awal.

Ketika Jordan mencermati bahwa White belum masuk ke dalam naskah asli, maka ia segera memberi tahu Affleck bahwa White perlu hadir di film. Sosok Howard White kemudian diperankan oleh aktor gaek Chris Tucker.

Ben Affleck menjadi sutradara sekaligus membintangi film yang membedah kelahiran jenama sepatu olahraga ikonik milik Michael Jordan. Rencananya film tersebut akan dirilis bulan depan dengan menampilkan aktor Matt Damon yang berperan sebagai Sonny Vaccaro yaitu seorang salesman Nike yang berupaya mengejar tanda tangan Jordan.

Film "Air" rencananya akan tayang pada 5 April di Amerika Serikat dan 7 April di Inggris.

Baca juga: Sepatu Michael Jordan laku terjual Rp20,8 miliar

Penerjemah: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023