Samisade itu kan bagus, kami lanjutkan. Pembangunan sarana prasarana jalan itu tetap dilanjutkan, pendidikan juga kesehatan, serta fokus pada pelayanan publik ....
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, memastikan program satu miliar satu desa atau Samisade berlanjut pada tahun anggaran 2024 setelah membahasnya dalam musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang).

"Samisade itu kan bagus, kami lanjutkan. Pembangunan sarana prasarana jalan itu tetap dilanjutkan, pendidikan juga kesehatan, serta fokus pada pelayanan publik dengan stabilitas pembangunan daerah," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra di Bogor, Kamis.

Ia menyebutkan, program bantuan keuangan infrastruktur desa itu bersama program prioritas lainnya telah dibahas dalam Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2024 tingkat kabupaten di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Senin (20/3).

Sementara itu, Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan menjelaskan bahwa tahun ini Program Samisade juga telah dianggarkan dalam APBD t 2023 dengan anggaran lebih besar dari tahun lalu, yakni Rp407 miliar.

Menurutnya, anggaran Samisade tahun ini akan dicairkan lebih awal pada triwulan III atau sJuni.

Ia berharap, penyerapan Samisade tahun ini maksimal seperti 2022 di mana penyerapan berdasarkan Surat Permohonan Pencairan Dana (SP2D) yang masuk ke Kas Daerah, mencapai 99 persen dari alokasi sekitar Rp365 miliar pada APBD 2022.

Pertama kali dilaksanakan pada 2021, program Samisade yang dianggarkan melalui DPMD Kabupaten Bogor senilai Rp372 miliar untuk 415 desa itu berhasil mewujudkan pembangunan 473,7 kilometer jalan desa.

Kemudian, menghasilkan jembatan sepanjang 362 meter, 8.005 meter tembok penahan tanah (TPT), 4.297 meter saluran drainase, dan 1.700 meter saluran irigasi.

Pada APBD Tahun Anggaran 2023, DPRD bersama Pemerintah Kabupaten Bogor sepakat kembali meningkatkan anggaran Samisade menjadi Rp407 miliar.

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023