Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf mendorong semakin banyak produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar Mesir, guna meningkatkan nilai ekspor ke negara tersebut.

Sebagai upaya promosi, RI turut membuka Paviliun Indonesia dalam pameran dagang Cairo Supermarket Expo yang dilaksanakan di Cairo International Convention & Exhibition Centre (CICC) Nasr City pada 15-21 Maret 2023.

"Melalui partisipasi 13 perusahaan Indonesia pada Supermarket Expo ini diharapkan semakin banyak ragam produk makanan dan minuman berkualitas dari Indonesia merambah pasar Mesir. Keragaman produk ini untuk mendorong peningkatan nilai ekspor produk Indonesia ke Mesir,” kata Dubes Lutfi dalam keterangan tertulis KBRI Kairo, Jumat.

Selain itu, tutur dia, keberadaan produk-produk Indonesia juga bisa mendorong peningkatan interaksi di antara pengusaha serta kerja sama perdagangan kedua negara.

Selama tujuh hari penyelenggaraan pameran, Indonesia menghadirkan sejumlah perusahaan dari berbagai daerah di antaranya CV Morisama Sejahtera Indonesia 12 dengan produk olahan tuna dan seafood sauce; CV Coconut International Indonesia dengan produk briket arang, teh nipah, dan herbal kayu sanrego.

Kemudian, PT Bunly Abadi dengan produk unggulan kacang mete; CV Luhur Abadi dengan sajian kopi Toraja; CV Elabeaute Kosmetindo Deo Shinko untuk perawatan kulit, ketiak & kaki, Sekretariat Global Gotong Royong (G2R) Tetrapreneur dengan beragam produk ikonik kerajinan dan makanan dan minuman.

Selanjutnya, PT Andalus Bangun Global dengan produk kopi robusta dan kopi arabika; serta PT Ameer Mentaya International Corp dengan produk kain sasirangan, tas rumput purun, tas rotan kulit, batubara, minyak sawit, dan beras.

Adapun perusahaan CV Tropikal Indonesia hadir memamerkan produk rempah-rempah; PT Kans Agro Indonesia dengan briket arang, rempah-rempah, dan tembakau; PT Celexport Pammase International dengan produk pala dan rempah-rempah; serta PT Ayhaga Coco Indonesia dengan produk kelapa kering.

Selain itu, terdapat satu agen perwakilan dagang perusahaan Indonesia di Mesir yaitu Egyptian Saudi for Import & Export sebagai agen Mayora Indah Tbk yang memasarkan produk makanan dan minuman instan.

Wakil Kepala Perwakilan RI di Kairo M Aji Surya menjelaskan bahwa ekspor produk unggulan telah menjadi keniscayaan bagi para pelaku usaha UMKM.

UMKM Indonesia diharapkan terus menciptakan produk yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga bisa menembus pasar Mesir, khususnya selama masa sulit di tengah resesi ekonomi global.

(ANTARA/HO-KBRI Kairo)

Pada 2022, ekspor kedua negara meningkat positif dengan ekspor produk utama Indonesia ke Mesir antara lain produk minyak sawit dan turunannya, produk biji kopi, kelapa kering, produk kayu, produk tekstil, dan makanan olahan.

Sementara ekspor utama Mesir ke Indonesia meliputi produk gas alam, fosfat, kurma, kentang, molases, dan buah-buahan.

Data tersebut, menurut KBRI Kairo, menunjukkan bahwa hubungan Indonesia-Mesir di bidang ekonomi perdagangan bukan saling bersaing, tetapi saling melengkapi satu sama lain.

Cairo Supermarket Expo merupakan pameran produk makanan, minuman, hasil pertanian dan perkebunan, produk perlengkapan rumah tangga dan produk bahan pokok yang diselenggarakan selama Ramadhan dan diresmikan pembukaannya oleh Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouli didampingi Menteri Logistik dan Perdagangan Dalam Negeri Mesir Ali Moselhi.

Paviliun Indonesia yang dibangun dalam pameran tersebut juga mempromosikan produk strategis Indonesia, keindahan alam dan objek wisata, promosi spice up the world, serta promosi Indonesia sebagai mitra pameran teknologi manufaktur industri Hannover Messe dan Keketuaan ASEAN 2023 dengan tampilan pada teknologi layar lebar.

Baca juga: Indonesia jadi tamu kehormatan "Qatar International Food Festival"
Baca juga: Kemenparekraf dukung ekspansi usaha restoran Indonesia ke luar negeri

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023