Jadi masih sekitar 10 persen dari total tiket yang tersedia.
Medan (ANTARA) - PT KAI Divre I Sumatera Utara baru menjual sekitar 3.300 tiket untuk keberangkatan pada masa angkutan Lebaran yakni 12 April-3 Mei 2023, meski mereka sudah membuka transaksi sejak 26 Februari 2023.

"Jadi masih sekitar 10 persen dari total tiket yang tersedia," ujar Manajer Humas PT KAI Divre I Sumut Anwar Solikhin kepada ANTARA di kantornya, Medan, Jumat.

PT KAI Divre I Sumatera Utara menyediakan total 16.936 kursi selama masa angkutan Lebaran yakni pada 12 April-3 Mei 2023, yang terdiri dari 5.700 kursi ditujukan untuk kereta api jarak jauh dan 11.236 tempat duduk untuk kereta api lokal.

Baca juga: KAI Daop 8 Surabaya telah menjual 239.625 tiket Lebaran 2023

Kereta api jarak jauh itu adalah KA Putri Deli tujuan Medan-Tanjung Balai (pulang-pergi/pp), KA Sribilah Utama tujuan Medan-Rantauprapat (pp), sementara kereta lokal yakni KA Siantar Ekspres tujuan Medan-Pematangsiantar (pp) dan KA Srilelawangsa tujuan Medan-Binjai (pp).

Meski demikian, Anwar Solikhin  mengatakan, tidak khawatir dengan situasi tersebut. Masyarakat Sumatera Utara cenderung membeli tiket menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Hal itu tidak sama dengan penduduk di Pulau Jawa yang cenderung sangat aktif mencari dan membeli tiket sejak jauh hari sebelum Lebaran.

"Kalau di Jawa, pasti sudah habis. Di Sumatera Utara memang agak lengang, baru ramai sekitar H-2," kata Anwar.

Baca juga: KAI sediakan kereta api tambahan ke-dari Rantauprapat di masa Lebaran

Mengingat masih banyak tiket tersedia untuk keberangkatan tanggal 12 April-3 Mei 2023, KAI mengimbau masyarakat yang memiliki rencana untuk mudik untuk segera memesan tiket.

Pembelian tiket dapat dilakukan via aplikasi "KAI Access", laman kai.id dan saluran resmi penjualan tiket KAI lainnya.

"Kalau sudah mempunyai rencana dan menentukan tanggal, kami berharap segera memesan tiket biar tidak kehabisan. Ini terutama untuk masyarakat yang membawa rombongan atau keluarga," tutur Anwar.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023