Jakarta (ANTARA) - Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri di Kompleks Mabes Polri Jakarta mengisi bulan puasa dengan berbagai program Ramadhan bagi tahanan dan warga binaan (narapidana) yang dititipkan di rutan tersebut.

“Program Ramadhan untuk tahanan dan narapidana (napi) titipan di Rutan Bareskrim selama Bulan Ramadhan pada prinsipnya sama dengan kegiatan umat Islam umumnya,” kata Kepala Bagian (Kabag) Tahti Rorenmin Bareskrim Polri Kombes Pol. Gatot Agus Budi Utomo kepada ANTARA, Jumat.

Ia menjelaskan berbagai program Ramadhan di Rutan Bareskrim tersebut di antaranya kegiatan puasa wajib bagi napi atau tahanan beragama Islam dengan memberikan asupan makanan untuk buka puasa dan makan sahur.

Kemudian, ujar dia, ada kegiatan shalat lima waktu, tarawih, tadarus Alquran, dan mengaji Alquran bagi pemula yang belum lancar.

“Ada kuliah subuh dari ustaz internal maupun eksternal,” katanya.

Baca juga: Kapolri minta Bareskrim pastikan ketersediaan pangan jelang Ramadhan
Baca juga: Anggota DPR dukung maklumat larangan "sahur on the road"


Tidak hanya itu saja, kata dia, menjelang peringatan Nuzulul Quran biasanya Rutan Bareskrim Polri mengadakan perlombaan bagi para tahanan dan warga binaan, seperti lomba khutbah atau pidato, lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), dan azan.

Perlombaan ini, katanya, dibuka pada malam ke-11 Ramadhan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, hampir semua narapidana dan tahanan beragama Islam di Rutan Bareskrim Polri berkontribusi dalam perlombaan tersebut.

“Tujuannya agar mereka menjadi pribadi yang lebih baik, berguna bagi sesama, kembali sadar, dan tidak mengulangi pelanggaran,” kata Gatot.

Ia mengatakan pada akhir Ramadhan diisi dengan kegiatan "iktikaf qiyamul lail".

Saat ini ada 260 orang tahanan yang ditahan di Rutan Bareskrim Polri. Terdapat pula narapidana atau tahanan yang tidak beragama Islam di mana selama Ramadhan tetap mendapatkan layanan makanan seperti biasa.

“Kalau bukan Islam, makannya seperti biasa sehari tiga kali pada pagi, siang, dan malam,” katanya.

Sementara itu untuk jadwal besuk napi dan tahanan di Rutan Bareskrim selama Ramadhan tetap sama seperti hari-hari biasa, yakni setiap hari Selasa dan Kamis.

“Pihak keluarga diperbolehkan mengirimkan makanan untuk berbuka puasa,” kata Gatot.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023