Kemudian tentukan berhenti berpuasa jika dirasa sudah tidak memungkinkan, seperti pusing, sakit kepala, tidak fokus, saat menyusui anak rewel terus, itu tandanya ASI-nya sudah mulai encer, nutrisi-nya berkurang
Jakarta (ANTARA) - Dokter Konselor Laktasi dan Tumbuh Kembang Bayi Ameetha Drupadi mengatakan ibu hamil dengan kondisi badan fit dan janinnya sehat, diperbolehkan untuk menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

"Konsultasikan dulu ke dokter, apakah kondisi badannya fit, tidak ada masalah di kehamilan, kondisi janin sehat, berat badan anak dalam kandungan oke. Ini kita bisa memutuskan berpuasa," kata Ameetha Drupadi dalam webinar Media Talk bertajuk "Panduan Puasa Bagi Ibu Hamil, Menyusui, dan Anak-Anak", di Jakarta, Jumat.

Begitu juga dengan ibu menyusui juga harus konsultasi pada dokter sebelum memutuskan berpuasa. Terlebih, kata dia, untuk ibu menyusui dengan usia bayi 0-6 bulan.

Dia mengatakan untuk ibu menyusui yang ingin berpuasa, sebaiknya yang bayinya berusia di atas enam bulan sehingga kebutuhan nutrisi bayi bisa ditunjang dari makanan pendamping ASI (MPASI).

Baca juga: Dokter sarankan ibu hamil cek kondisi kandungan sebelum berpuasa

"Maksimalkan pumping dan menyusui di malam hari," kata Ameetha Drupadi.

Kemudian ibu juga harus menjaga nutrisi makanan. "Saat berbuka puasa, makan malam, dan sahur harus dijaga nutrisi makannya. Makannya harus yang berprotein, berkalori tinggi, padat nutrisi," katanya.

Ibu harus banyak minum air untuk mencegah risiko dehidrasi. Istirahat juga harus cukup, kata dia, supaya tenaga ibu tidak habis ketika berpuasa.

Ibu juga harus mengenali kondisi diri, sehingga bila dirasa sudah tidak memungkinkan untuk berpuasa, maka berhentilah puasa.

"Kemudian tentukan berhenti berpuasa jika dirasa sudah tidak memungkinkan, seperti pusing, sakit kepala, tidak fokus, saat menyusui anak rewel terus, itu tandanya ASI-nya sudah mulai encer, nutrisi-nya berkurang," pesan Ameetha Drupadi.

Baca juga: Ibu hamil sebaiknya konsultasi dokter sebelum putuskan berpuasa
Baca juga: Ibu hamil boleh puasa asal asupan nutrisi dan kalori tetap terpenuhi
Baca juga: Asupan kalori yang disarankan untuk ibu hamil saat puasa

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023