Tanjungpinang (ANTARA) -
Kementerian Perhubungan mengubah rute pelayaran bisnis Kapal Motor Penyeberangan Bahtera Nusantara (BN) 01 dan BN 03 di Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Kepri Junaidi di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan penetapan rute baru agar masing-masing kapal dapat fokus melayani penumpang saat Ramadhan.

Kapal BN 03 selama ini melayani pelayaran di perairan bagian barat Kepri mulai dari Pelabuhan Tanjunguban menuju Pelabuhan Tambelan, kemudian dari Tambelan menuju Sintete. Selanjutnya dari Sintete menuju Tambelan, dan dari Tambelan kembali ke Tanjunguban.

"Kapal BN 03 berlayar dari Tanjunguban pada Kamis 23 Maret 2023 pukul 20.00 WIB, tiba di Tambelan pada Jumat 24 Maret 2023 pukul 14.00 WIB. Kemudian Sabtu 25 Maret 2023 pukul 07.00 WIB tiba di Tanjunguban kembali setelah melakukan pelayaran ke Sintete dan Tambelan," katanya.

Sementara Kapal BN 01 setelah perubahan rute pelayaran fokus berlayar di bagian Utara Kepri. Kapal berlayar dengan rute Tanjunguban menuju Matak, kemudian kapal berlayar ke Penagi, Subi dan Serasan. Kemudian kapal berlayar menuju Sintete dan kembali Serasan.

"Sebelum perubahan jadwal, kedua kapal itu berlayar ke rute yang sama sehingga agak lama tiba ke tujuan," ucapnya.

Menurut dia, perubahan jadwal pelayaran tersebut hanya berlaku hingga 30 Maret 2023. Jika berjalan optimal, kemungkinan Kemenhub memperpanjang jadwal dengan rute pelayaran baru tersebut.

"Saya pikir itu lebih efektif sehingga program transportasi penghubung antarpulau hingga di perbatasan untuk meningkatkan mobilitas dan perekonomian masyarakat pesisir berjalan optimal," ujarnya.

Pewarta: Nikolas Panama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023