Belitung (ANTARA) - Jumlah pemudik melewati Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang diperkirakan mencapai 68.000 orang.

"Kami memperkirakan sekitar 67.000 hingga 68.000 pemudik akan melintas di bandara  Belitung pada Lebaran nanti," kata Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung, Khaerul Assidqi di Tanjung Pandan, Minggu.

Jumlah pemudik pada tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan jumlah pemudik pada tahun lalu mengingat kondisi sekarang sudah mendapat pelonggaran dalam melakukan perjalanan setelah sebaran COVID-19 sudah melandai.

"Kami prediksi meningkat karena kurang lebih selama dua tahun kemarin tidak bisa mudik akibat pandemi dan seiring dengan kelonggaran regulasi sehingga orang akan merencanakan mudik tahun ini," katanya.

Berdasarkan data, jumlah pemudik di Bandara Internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung pada tahun lalu sebanyak 66.000 penumpang dan tahun ini diprediksi mengalami peningkatan.

Saat ini pihaknya akan mempersiapkan kelancaran mudik di bandara internasional H.AS Hanandjoeddin Belitung menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah mendatang.

"Nanti akan kami siapkan posko pengawasan mudik atau angkutan lebaran bekerja sama dengan instansi lain baik TNI/Polri," katanya.

Selain itu, lanjut dia, saat ini pihaknya juga telah menambah areal parkir bagi kendaraan di bandara.

"Sehingga kami harapkan tidak terjadinya kemacetan ataupun penumpukan kendaraan nanti," ujarnya.
 

Pewarta: Kasmono
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023