mahkota tugu yang terletak di Simpang Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, itu berkonsep modern
Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menjadwalkan pemasangan mahkota senilai Rp500 juta untuk Tugu Pancakarsa di Simpang Sirkuit Sentul, setelah Lebaran 2023.

"Itu (pemasangannya) sebentar tapi produksinya diperkirakan sampai sebulan. Iya anggarannya Rp500 juta," kata Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rohmat Jatnika di Bogor, Senin.

Menurutnya, saat ini paket pekerjaan untuk pemasangan mahkota baru saja memasuki tahap lelang proyek.

Menurutnya, mahkota atau bagian atas tugu yang terletak di Simpang Sirkuit Sentul, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, itu berkonsep modern dengan lambang Kabupaten Bogor.

“Jadi tinggal ornamen mahkotanya itu apakah memang kombinasi kekinian seperti bermain lighting, atau nanti mahkotanya dibuat berputar atau dia dibuat seperti bola bulat, biar kelihatan sana-sini, nanti itu yang kami modifikasi,” papar Ajat.

Baca juga: Jembatan darurat di jalur Bogor-Sukabumi kini tak bisa dilintasi mobil

Baca juga: Pemkab Bogor sambut pembangunan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat


Ia menjelaskan penggunaan lambang Kabupaten Bogor untuk mahkota Tugu Pancakarsa sudah sesuai dengan pendapat para budayawan dan sejarawan untuk tetap mengedepankan filosofi budaya dan sejarah Bogor.

Namun, Ajat menjelaskan bahwa elemen yang akan diambil dari lambang Kabupaten Bogor hanya sebagian saja, tidak menyeluruh.

"Kalau lambang pemda kan ada kuningnya, tapi kalau lambang Kabupaten Bogor sendiri ada yang di hijaunya itu, di dalamnya, yang Sayaga, Prayoga, Tohaga itu. Kemarin menyampaikan logo itulah yang ditonjolkan," paparnya.

Tugu Pancakarsa diresmikan oleh Bupati Bogor Ade Yasin pada akhir 2021 bersamaan dengan lima taman lainnya yang juga dibangun menggunakan APBD 2021.

Pembangunan Tugu Pancakarsa merupakan salah satu dari program mempercantik wajah ibu kota atau City Beautification Project yang menggunakan anggaran daerah senilai Rp356,5 miliar.

City Beautification Project meliputi pembangunan Tugu Pancakarsa, pedestrian, peningkatan kualitas jalan, hingga pengadaan tempat sampah di Kawasan Cibinong Raya.

Baca juga: DPRD Bogor minta Pemkab realisasikan seluruh program sesuai RPJMD

Baca juga: Pemkab Bogor pastikan Program Samisade berlanjut pada 2024

Baca juga: Perumda Tirta Kahuripan Bogor jaga pasokan air bersih selama Ramadhan

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023