Jakarta (ANTARA/JACX) – Perppu Cipta Kerja telah disahkan menjadi undang-undang dalam Rapat Paripurna DPR di Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/3).

Sebelumnya pada 30 Desember 2022, sejumlah kelompok buruh dan mahasiswa menggelar demonstrasi dan menyatakan ketidaksetujuan mereka terhadap Perppu Cipta Kerja yang diteken oleh Presiden Joko Widodo.

Namun pada Selasa (21/3), muncul unggahan di YouTube berdurasi delapan menit yang diklaim sebagai aksi mahasiswa merobohkan Istana Negara. Para mahasiswa, seperti disebut dalam unggahan itu, menolak pengesahan Perppu Cipta Kerja.

Video dalam unggahan tersebut menampilkan kompilasi potongan video mahasiswa sedang melakukan demonstrasi.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
“MALAM MENCEKAM..! MAHASISWA ROBOHKAN ISTANA MALAM INI - BERITA TERBARU - KABAR AKURAT”

Namun, benarkah terdapat peristiwa kelompok mahasiswa yang merobohkan Istana Negara karena menolak Perppu Ciptaker, seperti diklaim dalam unggahan itu?

Unggahan video hoaks yang menyatakan bahwa mahasiswa merobohkan istana negara karena menolak pengesahan Perppu Ciptaker. Faktanya, video dengan narasi tersebut tidak sesuai. (YouTube)
Penjelasan:
Faktanya, ANTARA tidak menemukan peristiwa demo mahasiswa yang menolak Perppu Ciptaker disahkan sebagai undang-undang hingga merobohkan Istana Negara. Tidak terdapat informasi resmi atau pemberitaan di media arus utama terkait klaim Istana Negara dirobohkan oleh mahaiswa.

Namun, sejumlah aksi demonstrasi memang digelar mahasiswa maupun buruh terkait sikap mereka yang menolak pengesahan Perppu Ciptaker menjadi undang-undang oleh DPR RI.

Media-media arus utama yang melaporkan aksi mahasiswa dan buruh menolak pengesahan Perppu CIptaker itu antara lain oleh Detik, Okezone, dan Sindo.

Kemudian, kompilasi potongan video demo dalam unggahan di YouTube itu juga merupakan gabungan dari beberapa aksi yang berbeda.

Narator dalam video itu membacakan konten berita Viva.com yang berjudul “Strategi Polisi Agar Demo Setahun Jokowi-Ma'ruf Tak Berakhir Ricuh” dan Okezone.com yang berjudul “Demo Mahasiswa Tolak Perppu Ciptaker di Depan Gedung DPR Bertahan hingga Magrib”.

Hanya saja, kedua media daring itu tidak menyebut informasi mahasiswa yang merobohkan istana negara.

Dengan demikian, unggahan video yang mengklaim mahasiswa merobohkan Istana Negara karena menolak Perppu Cipta Kerja menjadi Undang-undang Cipta Kerja merupakan hoaks.

Klaim: Hoaks! Mahasiswa robohkan Istana Negara
Rating: Hoaks

Cek fakta: Misinformasi! Aturan libur pekerja seminggu hanya sehari

Cek fakta: Hoaks! Video demo mahasiswa Jakarta tolak kenaikan harga BBM dan tuntut Jokowi mundur

Baca juga: DPR setujui Perppu Ciptaker jadi undang-undang

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023