Kabupaten Sukabumi dianugerahi kekayaan alam yang melimpah terutama di sektor pariwisata....
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memiliki banyak objek wisata alam berkelas internasional yang tidak kalah dengan daerah maupun negara lainnya.

"Kabupaten Sukabumi dianugerahi kekayaan alam yang melimpah terutama di sektor pariwisata, salah satunya objek wisata UNESCO Global Geopark Ciletuh Palabuhanratu yang merupakan tempat wisata bertaraf internasional yang tidak semua daerah, bahkan negara lain memilikinya," kata Marwan Hamami, di Sukabumi, Selasa.

Pada objek wisata ini masyarakat tidak hanya sebatas menikmati keindahan alam, tetapi bisa mendapatkan ilmu tentang bagaimana awal mula terbentuknya Pulau Jawa.

Menurut Marwan, tentunya dengan potensi sumber daya alam yang melimpah ini sebagian besar sudah dimanfaatkan atau diberdayakan untuk kepentingan peningkatan perekonomian daerah khususnya warga.

Dengan dimanfaatkan dan diberdayakannya potensi alam ini untuk menjadi wisata unggulan Kabupaten Sukabumi membantu mendorong kemajuan daerah selatan, sehingga semakin dikenal luas.

Potensi terus tentunya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin karena dampaknya sangat luar biasa, baik dari sisi ekonomi, sarana dan prasarana hingga pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, dengan memanfaatkan sumber daya alam ini secara maksimal tentunya merupakan komitmen Pemkab Sukabumi di mana melalui sektor pariwisata ekonomi daerah bisa melesat dan juga dampak positif lainnya adalah sumber daya alam tersebut bisa terjaga dan terlindungi dari kerusakan.

"Kabupaten Sukabumi sering dijuluki daerah Gurilapss (gunung, rimba, laut, pantai, sungai, dan seni-budaya) hingga saat ini masih terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata melalui berbagai promosi untuk menarik minat wisatawan mancanegara datang," katanya lagi.

Marwan mengatakan untuk memanfaatkan potensi alam tersebut tentunya peran dari masyarakat sangat penting, maka dari itu program maupun kebijakan baik pada sektor pariwisata, pertanian, perekonomian, dan lain sebagainya untuk mendongkrak kesejahteraan warga.

Tentunya untuk mendukung objek wisata berkelas internasional agar semakin diminati wisatawan mancanegara, Pemkab Sukabumi pun secara rutin memberikan pelatihan kepada masyarakat sebagai pemandu wisatawan, katanya pula.
Baca juga: Kawasan wisata pantai selatan Sukabumi mulai dipadati pengunjung
Baca juga: Sandiaga apresiasi desa wisata kembangkan tanaman terancam punah

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023