Ada 3.000 ribuan batang tanaman ganja yang ditemukan di kawasan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Ribuan batang tanaman ganja tersebut berada di lahan seluas 1,5 hektare
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh menemukan ribuan batang tanaman ganja siap panen di kawasan pegunungan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar.

Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol. Sukandar melalui Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNN Provinsi Aceh Kombes Pol. Mirwazi di Aceh Besar, Selasa, mengatakan ribuan batang tanaman ganja tersebut ditemukan di ladang seluas 1,5 hektare.

"Ada 3.000 ribuan batang tanaman ganja yang ditemukan di kawasan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar. Ribuan batang tanaman ganja tersebut berada di lahan seluas 1,5 hektare. Pemusnahan dipimpin langsung Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol. Sukandar," ungkap Mirwazi.

Baca juga: Polres Bireuen memusnahkan enam hektare ladang ganja

Baca juga: Kemenkes segera terbitkan regulasi penelitian tanaman ganja


Selanjutnya, kata Mirwazi, atas penemuan tanaman terlarang dilakukan pemusnahan. Pemusnahan melibatkan 55 personel gabungan BNN, Polri, TNI, dan masyarakat. Pemusnahan tanaman ganja tersebut dilakukan dengan cara dicabut dan dibakar.

Dia mengatakan untuk menuju ke ladang ganja tersebut memakan waktu beberapa jam pulang pergi. Jalur yang dilalui terjal dan licin. Lokasi ladang berada di Gampong Meureu Bung U, Kecamatan Indrapuri, Kabupaten Aceh Besar

Menyangkut dengan pemilik ladang, Mirwazi mengatakan tidak ada seorang pun di ladang ganja tersebut saat ditemukan. Sama seperti sebelumnya, pemilik atau orang menanam ganja ada saat menyemai benih, kemudian kembali saat panen.

"Namun, begitu kami menyelidiki siapa pemilik lahan maupun orang yang menanam tanaman terlarang tersebut. Apalagi lokasi ladangnya berada di kawasan pegunungan," ucapnya.

Baca juga: DPR Aceh wacanakan qanun legalisasi ganja untuk medis

Mirwazi mengatakan ladang ganja yang ditemukan tersebut dengan luas 1,5 hektare. Dari luas ladang, maka ada penurunan dibandingkan pengungkapan sebelum yang luasnya lebih dari lima hektare.

Adanya penurunan luas ladang ganja yang ditemukan tersebut menunjukkan bahwa program pengalihan tanaman ganja dengan menanam tanaman produktif lainnya yang dilakukan BNN membuahkan hasil, kata Mirwazi.

"Karena itu, kami akan terus menggencarkan program penanaman alternatif tersebut guna mencegah masyarakat yang selama ini menanam ganja beralih menanam tanaman produktif lainnya," tuturnya.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023