Jayapura (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah(Bank Papua) menyebutkan siap membantu pembiayaan  Papua Youth Creative Hub (PYCH) untuk kebangkitan baru Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di seluruh Tanah Papua sehingga menumbuhkan kreativitas anak muda di dunia usaha.

Direktur Operasional Bank Papua Isak Wopari kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan kehadiran PYCH menjadi angin segar bagi dunia usaha dimana akan semakin banyak produk-produk lokal dengan kualitas terbaik dapat dijual hingga ke tingkat nasional.

“Kami merasa bangga dengan kehadiran PYCH di mana Presiden Joko Widodo mempersembahkan gedung tersebut bagi anak-anak Papua,” katanya.

Dia menjelaskan selama ini Bank Papua sudah melakukan kerja sama dengan beberapa lembaga dalam hal memberikan pinjaman untuk melakukan investasi di beberapa bidang usaha sehingga pihaknya sangat siap membantu anak-anak Papua yang ada di PYCH untuk bisa berkembang.

Menurut Isak, pihaknya sangat takjub dengan apa yang ada di dalam gedung dimana berbagai fasilitas, mulai dari pembuatan ponsel, pembuatan laptop, lalu studio podcast, musik, studio fotografi, desainer dan etalase produk UMKM Papua.

“Sebagai bank daerah milik pemerintah tentunya punya komitmen untuk berkolaborasi bersama Bank Papua agar bagaimana perekonomian di Papua bisa berdampak,” ujarnya.

“Karena kalau bukan kami Bank Papua siapa lagi yang membatu sehingga kami sangat siap mendukung kebangkitan UMUM di seluruh Tanah Papua,” katanya lagi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo  telah melakukan peresmian Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang terletak di Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua pada Selasa (21/3). Pemerintah membangun PYCH sebagai ruang pengembangan kemampuan, kreativitas, dan pemberdayaan anak muda Papua di bidang ekonomi kreatif, pertanian, dan peternakan.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023