Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi X DPR RI Bramantyo Sudomo mendukung upaya Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk melakukan upaya diplomasi terkait nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ke FIFA.

"Saya mendorong semua pengambil kebijakan persepakbolaan di Indonesia seperti Ketum PSSI, untuk bisa mencari titik tengah atas isu ini, dengan salah satu caranya meyakinkan FIFA," katanya di Jakarta, Rabu.

Dia berharap upaya itu agar posisi tuan rumah tetap di Indonesia dan memperkuat kredibilitas Indonesia sebagai tuan rumah yang bisa dipercaya.

Menurut dia, langkah Erick Thohir bertemu FIFA itu akan berdampak besar bagi Indonesia ke depan, terutama soal kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah event-event olahraga bertaraf dunia, salah satunya adalah menjadi tuan rumah Piala Dunia senior ke depan.

Baca juga: PDIP dukung PSSI lobi FIFA terkait Israel di Piala Dunia U-20

Baca juga: Komisi III DPR dukung sikap Presiden terkait polemik Timnas Israel


Bramantyo meminta agar masyarakat Indonesia yang menolak tim Israel datang ke Indonesia, harus bisa memisahkan masalah politik yang terjadi antara Israel dan Palestina dengan ranah olahraga, agar nama bangsa ini tidak tercoreng di mata dunia.

"Pembatalan drawing undian piala dunia U-20 amat disayangkan harus terjadi. Indonesia seharusnya memisahkan ranah politik dengan ranah dunia olahraga,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan dirinya sudah mendapat perintah dari Presiden untuk bertemu FIFA agar mencari jalan terbaik demi menyelamatkan sepakbola Indonesia ke depan.

Baca juga: Jokowi jamin Israel di PD U-20 tak terkait konsistensi RI-Palestina

"Saya sudah mendapat instruksi perintah dari bapak presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi untuk mencari solusi untuk sepak bola Indonesia," kata Erick Thohir seperti dikutip dari media sosial Instagram pribadinya @erickthohir.

Mantan Presiden Inter Milan itu mengakui permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini bukanlah masalah kecil, namun dirinya memastikan akan berusaha semaksimal mungkin demi menyelamatkan sepak bola Indonesia ke depan.

"Tentu seperti yang saya sudah sampaikan ini hal yang tidak mudah, saya akan berusaha semaksimal mungkin. Untuk itu mohon doa kepada kami semua yang memang ditugaskan untuk bisa mendapatkan hasil yang terbaik," harapnya.

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023