Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Arab Saudi Herve Renard mengundurkan diri dari kursi pelatih The Green Falcons untuk menggantikan posisi Corrine Diacre menjadi pelatih timnas putri Prancis.

Herve Renard akan mengambil tantangan baru sebagai pelatih timnas putri Prancis yang sebentar lagi akan berlaga di Piala Dunia Wanita di Australia dan Selandia Baru pada 20 Juli hingga 20 Agustus tahun ini.

Pengunduran diri mantan pelatih timnas Maroko ini diumumkan langsung oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) melalui akun media sosial resmi pada Rabu.

"Dewan Direktur Federasi Sepak Bola Arab Saudi telah menyetujui pemutusan kontrak Pelatih Kepala Tim Nasional Saudi Tuan Herve Renard atas permintaannya,” demikian pernyataan resmi SAFF melalui Instagram @saudint.

"Sebuah penyelesaian hukum telah dicapai untuk mengakhiri kontrak antara kedua pihak. Presiden dan Dewan Direksi SAFF berharap agar Tuan Renard sukses dalam kariernya di masa depan,” lanjutnya.

Baca juga: Panpel incar rekor penonton pada Piala Dunia Putri 2023

Sebelumnya, Herve Renard dikontrak timnas Arab Saudi pada Juli 2019 dan melakoni pertandingan perdananya kala melawan Yaman di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 pada 10 September 2019.

Selama melatih skuad The Green Falcons, pelatih 54 tahun tersebut mencatatkan total 41 pertandingan dengan statistik 18 kemenangan, 11 imbang, dan 12 kekalahan.

Prestasi terbaik pelatih yang berhasil memenangkan Piala Afrika sebanyak dua kali itu adalah membawa Arab Saudi melangkah di putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar.

Saat itu namanya sempat melambung karena berhasil mengalahkan tim yang saat itu keluar sebagai pemenang Piala Dunia 2022, Argentina dengan skor 2-1 di laga perdana babak penyisihan grup.

Meski cemerlang di laga perdana, tim yang identik dengan jersey hijau tua ini harus tersingkir dari babak penyisihan grup karena kalah di dua laga selanjutnya saat melawan Polandia dan Mexico.

Baca juga: 'Semesta mendukung' Saudi saat gulingkan Argentina

Setelah diumumkan berpisah oleh SAFF, pelatih yang mempunyai nama lengkap Herve Jean Marie Roger Renard itu mengucapkan salam perpisahan melalui akun sosial media miliknya.

“Menjadi pelatih tim nasional Arab Saudi adalah kebanggaan besar bagi saya,” dilansir dari Instagram @herve.renard.hr.

"Sejak Agustus 2019, saya memiliki kesempatan untuk menjadi bagian integral dari kehidupan negara yang indah ini. Saya telah melihat tim ini tumbuh bersama saya dan mencapai Piala Dunia yang luar biasa dan kemenangan yang fantastis dan tak terlupakan melawan Argentina ini,” tuturnya.

"Sangat bangga bisa menunjukkan kepada dunia kemajuan dan citra bagus sepak bola Saudi. Sudah waktunya bagi saya untuk terbang ke cakrawala lain tetapi dengan kenangan yang terukir dalam diri saya,” pungkas Herve Renard.

Baca juga: UEFA siapkan format baru kualifikasi zona Eropa Piala Dunia Putri

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023