Ada kurang lebih 300 pohon baru yang kita tanam untuk membuat suasana semakin asri,"
Bekasi, 2/12 (ANTARA) - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, resmi membuka hutan kota di Kelurahan Margahayu Bekasi Selatan untuk dinikmati masyarakat umum.

"Ada kurang lebih 300 pohon baru yang kita tanam untuk membuat suasana semakin asri," kata Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Bekasi Dadang Hidayat usai peresmian hutan kota, Minggu.

Hutan Kota seluas dua hektare tersebut dilengkapi dengan bangku, tempat berteduh, lampu penerangan, dan aneka burung seperti merpati dan kutilang yang sengaja dilepas di tempat tersebut.

Menurut dia, hutan kota itu bisa dijadikan tempat rekreasi bagi warga Kota Bekasi yang ingin berwisata murah.

"Hutan kota ini sebelumnya adalah alun-alun yang tidak bisa diakses oleh warga. Tetapi sekarang kita abuka untuk umum," katanya.

Hutan kota, kata Dadang, juga bisa dinikmati masyarakat yang kebetulan sedang beraktivitas di sekitar RSUD, Polres, Masjid Albarkah, stasiun Bekasi, dan perkantoran lainnya karena lokasinya yang dekat.

"Jadi bisa juga dijadikan tempat melepas penat, di sela-sela menjalani aktivitas," ujarnya.

Dadang menambahkan, hutan kota tersebut dibangun berdasarkan dana non-APBD setempat. Namun pembangunan pagar, kantor pengamanan hutan kota, dan sumur air menggunakan dana dari APBD Kota Bekasi sebesar Rp250 juta.

"Pembangunan hutan kota tersebut tidak dianggarkan dari APBD Kota Bekasi. Tetapi untuk pembangunan sejumlah fasilitas penunjang memakai APBD Kota Bekasi," katanya.

Peresmian hutan kota tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi dengan menanam pohon produktif dan melepas 50 ekor burung merpati.

(KR-AFR/E005)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012