Jakarta (ANTARA/JACX) - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Keputusan FIFA itu didasarkan pada pertimbangan situasi terkini, mengacu isi keterangan tertulisnya pada Rabu (29/3). 

Walau tidak merinci maksud "situasi terkini", pembatalan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA disinyalir berkaitan dengan penolakan timnas Israel tampil di Tanah Air oleh sejumlah pihak.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster merupakan kepala daerah yang lantang menyuarakan penolakan kedatangan timnas Israel di Indonesia.

Akibat pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia ajang sepak bola itu, muncul narasi yang menyatakan Ganjar dan Koster dicopot Presiden Jokowi dari posisi kepala daerah.

Klaim tersebut beredar di YouTube pada 30 Maret 2023, dan sudah diputar hingga 30 ribu kali.
"BUNTUT PANJANG GAGALNYA PIALA DUNIA U20 DI INDONESIA GANJAR DAN KOSTER DI PECAT DARU JABAAATAN GUBERNUR DAN HARUS BERTANGGUNG JAWAB??
presiden tak tinggal diam jadi tuntutan netizen,".


Lantas, benarkah Ganjar-Koster dipecat dari jabatan gubernur pada 30 Maret?
 
Tangkapan layar berisi narasi hoaks yang menyatakan Ganjar-Koster dipecat dari jabatan gubernur pada 30 Maret, buntut putusan FIFA (YouTube)


Penjelasan:
Ganjar, yang ditemui di Semarang pada Kamis (30/3), mengaku kecewa dengan keputusan FIFA itu, sebagaimana diberitakan ANTARA

Sementara Koster menyampaikan pernyataannya, terkait keputusan FIFA, melalui keterangan tertulis pada Kamis (30/3) mengacu media ini.

"Mengenai sikap penolakan saya atas kehadiran tim Israel dalam kejuaraan dunia FIFA U-20 di Bali, merupakan wujud tanggung jawab saya sebagai Gubernur Bali," kata Koster.

Kedua kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan itu terpantau masih mengemban jabatan gubernur di daerah masing-masing pada 30 Maret 2023.

Tidak ditemukan berita resmi soal pencopotan Gubernur Ganjar maupun Gubernur Koster oleh Presiden Jokowi pada 30 Maret 2023.

Narasi di YouTube itu merupakan kabar bohong atau hoaks.

Klaim: Ganjar-Koster dipecat dari jabatan gubernur pada 30 Maret
Rating: Hoaks 

Cek fakta: Hoaks! KPK sita rumah Ganjar karena terlibat transaksi Rp300 triliun

Cek fakta: Hoaks! Ganjar Pranowo mengundurkan diri dari PDIP

Cek fakta: Misinformasi! FIFA tunjuk Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia 2040

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023