Cirebon (ANTARA) - Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat, menyiagakan tenaga kesehatan (nakes) di Terminal Harjamukti, untuk memastikan kondisi pengemudi bus dalam keadaan sehat dan prima mulai H-7, saat arus mudik Lebaran Idul Fitri  2023.

"Pada masa mudik Lebaran nanti kami menyiagakan tim kesehatan di Terminal Harjamukti, untuk memastikan kru atau pengemudi bus dalam kondisi prima," kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi di Cirebon, Jumat.

Agus mengatakan disiagakannya nakes memang sangat penting, mengingat para kru terutama pengemudi bus butuh kondisi yang prima, disebabkan mereka harus menempuh perjalanan jauh.

Selain itu lanjut Agus, pengemudi juga harus bebas dari narkotika maupun minuman keras, agar dalam mengemudikan kendaraannya bisa fokus, sehingga pada masa angkutan Lebaran 2023, semua kru dicek kesehatan, urine, dan lainnya.

"Pengemudi juga harus bebas dari narkotika maupun minuman keras. Untuk itu kami akan terus mengecek untuk mengantisipasi terjadi kecelakaan," tuturnya.

Ia menambahkan selain itu, pihaknya bersama Dinas Perhubungan, dan Kepolisian juga melakukan pengecekan kendaraan umum, agar para pengguna jasa nantinya bisa dijamin keselamatannya.

Menurutnya dalam pelaksanaan pengecekan kendaraan di Terminal Harjamukti, Kota Cirebon, semua armada dalam keadaan laik, sehingga mereka langsung diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

Selain itu, petugas juga melakukan tes urine, dan memeriksa kesehatan para kru bus, dan hasilnya menunjukkan bahwa yang sekarang bertugas dalam kondisi prima.

"Setelah kami melakukan pengecekan, semua dalam kondisi laik jalan dan pengemudi pun semua prima," kata Agus.
 

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023