Jambi (ANTARA) -
Mahasiswa Program Studi (Prodi) Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Jambi (Unja) Bayu Adi Prastiyo menciptakan pakan ternak dari tepung telur gagal tetas.
 
" Kami melakukan penelitian yang bertujuan untuk mempelajari kualitas fisik tepung telur utuh gagal tetas yang telah ditambahkan ragi roti (saccharomyces cereviceae) dengan konsentrasi berbeda," kata Mahasiswa Prodi Peternakan Bayu Adi Prastiyo di Jambi, Jumat.
 
Penelitian itu ia lakukan bersama dua dosen pembimbingnya di Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Jambi sejak 10 Agustus 2022 sampai 10 September 2022 menggunakan 100 butir telur gagal tetas.
 
Tepung telur tersebut, kata dia bermanfaat sebagai pakan ternak untuk ikan dan ayam. Bayu menjelaskan proses penelitian tepung telur yang dilakukannya.
 
Tepung telur utuh gagal tetas merupakan salah satu bentuk pengawetan telur melalui proses pengeringan dan penepungan.

Namun pada proses ini sering terjadi masalah karena terjadinya perubahan fisik karena timbulnya reaksi Maillard atau reaksi pencoklatan yang mengakibatkan warna tepung telur menjadi lebih gelap dan tidak mudah larut. Untuk meminimalisir reaksi Maillard, dilakukan proses desugarisasi dengan ragi roti.
 
Hasil penelitian Batu kemudian dijadikan karya ilmiah dan berhasil meraih prestasi dengan menjadi Pemakalah Terbaik 2 Bidang Penelitian dalam Seminar Nasional Hasil-Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Brawijaya pada November 2022.
 
Selalu dosen pembimbing Metha Monica menjelaskan pemanfaatan telur gagal tetas diperoleh dari pabrik penetasan telur ayam broiler selama ini belum pernah dibuat sebagai tepung telur, dimana tepung telurnya nanti bisa dibuat sebagai pakan ternak maupun ikan.
 
"Telur gagal tetas masih bisa digunakan atau jangan dibuang,” katanya.

Baca juga: Ratusan mahasiswa Unja peserta Kampus Mengajar mulai bertugas

Baca juga: Mahasiswa Unja ciptakan minuman kolagen dari kulit ikan gabus

 

Pewarta: Tuyani
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023