• Setelah Mumbai, upgrade terbaru oleh Tezos, semua orang dapat menggunakan Smart Rollups, sebuah solusi skalabilitas yang baru.
  • Smart Rollups mengaktifkan blockchain Tezos untuk menskalakan lebih dari satu juta transaksi per detik tanpa mengganggu desentralisasi.
  • Selain itu, kini pengembang dapat membangun Tezos dengan bahasa pemrograman tujuan umum seperti Rust, C, dan C++.

Bern, Swiss (ANTARA/Business Wire)- Tezos adalah blockchain perintis untuk konsensus Proof-of-Stake dan tata kelola on-chain. Tezoz telah mengaktifkan Mumbai, upgrade protokol inti ketiga belas. Upgrade Mumbai ini memperkenalkan Smart Rollups, sebuah solusi skalabilitas Layer 2 yang baru dan langsung dibangun dalam protokol, sehingga menjadikan Tezos yang terdepan dalam teknologi rollup yang optimis.

Smart Rollups mengaktifkan decentralized applications (dApps) untuk mendapatkan manfaat dari sumber daya perangkat keras khusus milik mereka guna memroses sejumlah besar transaksi, sementara integritas dan keamanan Smart Rollup dijamin oleh rantai utama Tezos, atau Layer 1.

Berkat cara ini, ekosistem Tezos akan dapat melampaui pencapaian satu juta transaksi per detik pada tahun 2023 tanpa mengorbankan desentralisasi.

Aman, fleksibel, ramah developer

Smart Rollups dilengkapi berbagai fitur teknis yang canggih, yaitu:

  • Bukti penipuan interaktif yang sepenuhnya terdesentralisasi dan terbuka akan menjamin keamanan dan integritas rollup, asalkan setidaknya ada satu peserta yang jujur dalam validasi rollup.
  • Lingkungan eksekusi WebAssembly (WASM) memungkinkan fleksibilitas pengembangan dan penggunaan berbagai aplikasi terdesentralisasi. Kini pengembang dapat menggunakan bahasa pemrograman tujuan umum seperti Rust, C, dan C++ untuk membangun aplikasi mulai dari solusi bisnis yang dibuat khusus hingga platform terbuka publik, misalnya rantai yang kompatibel dengan EVM di atas Tezos.
  • Fitur rollup lanjutan menyederhanakan interaksi seperti menyiarkan dari Layer 1 ke semua rollup, memanggil kontrak cerdas Layer 1 dari Layer 2, atau mentransfer aset lintas layer.
  • Memungkinkan solusi ketersediaan data baru, karena Smart Rollups mendukung saluran data khusus untuk berinteraksi dengan penyedia data di luar blockchain Tezos.


Latensi lebih rendah, blockchain lebih cepat

Selain rollup, Mumbai juga memperkenalkan peningkatan Layer 1 Tezos. Waktu blok berkurang dari 30 menjadi 15 detik karena Validasi Pipeline. Perubahan ini mengurangi latensi jaringan dan menghadirkan pengalaman yang lebih menyenangkan secara keseluruhan bagi pengguna. Upgrade protokol juga mencakup update fitur yang sudah ada sebelumnya, misalnya Tiket, menjadi lebih fleksibel dengan memungkinkan transfer langsung antar pengguna.

Perkembangan yang didorong oleh komunitas

Seperti halnya dengan setiap upgrade Tezos, Mumbai telah divalidasi dan disetujui oleh komunitas melalui proses tata kelola on-chain blockchain Tezos.

Aktivasi Mumbai merupakan puncak kerja sama selama berbulan-bulan antara tim pengembang dan komunitas Tezos yang lebih luas.

Para ahli dari Nomadic Labs, Marigold, TriliTech, Oxhead Alpha, Tarides, DaiLambda, dan Functori berkontribusi pada update ini, yang memperkenalkan era baru skalabilitas dan memberi kesempatan bagi aplikasi baru yang menarik untuk digunakan di blockchain Tezos.

Tentang TEZOS

Tezos adalah uang cerdas, yang mengubah arti memegang dan menukar nilai di dunia yang terhubung secara digital. Blockchain Proof of Stake yang dapat diupgrade sendiri dan hemat energi dengan rekam jejak yang terbukti, Tezos dengan tanpa kendala menggunakan inovasi masa depan tanpa gangguan jaringan saat ini. Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi  www.tezos.com.

Tentang TEZOS FOUNDATION

Tezos Foundation adalah yayasan nirlaba dari Swiss yang mendukung pengembangan dan kesuksesan jangka panjang protokol Tezos, sebuah blockchain hemat energi yang mampu berkembang dengan upgade mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi www.tezos.foundation.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak

Randall Woods
tezos@sbscomms.com

Sumber: Tezos

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023