Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan bahwa pelaku usaha di Korsel akan mendukung perkembangan dunia persepakbolaan Indonesia.

Hal itu dia sampaikan setelah melakukan sejumlah pertemuan dengan para pebisnis Korsel dalam rangka merayakan 50 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

“Dalam pertemuan-pertemuan tersebut sempat dibicarakan kemungkinan adanya kunjungan tim sepak bola Hyundai ke Indonesia yang akan bertanding dengan timnas Indonesia, dan partisipasi kuat Hyundai untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan sepak bola di Indonesia,” kata Gandi ketika menyampaikan keterangan pers secara daring bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dari Seoul, Jumat malam.

Penguatan kerja sama, termasuk di bidang olahraga, menjadi fokus peringatan 50 tahun hubungan persahabatan kedua negara yang bertema “Closer Friendship and Stronger Partnership”.

“Penguatan kerja sama ini diharapkan tidak hanya pada level government to government dan antarpelaku bisnis atau b to b, tetapi juga lebih penting adalah hubungan antarmasyarakat atau people-to-people untuk meningkatkan rasa saling pengertian dari masyarakat kedua negara,” tutur Dubes Gandi.

Sebelumnya, Menteri BUMN RI sekaligus Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi rencana pertandingan persahabatan PSSI All Stars melawan Jeonbuk Hyundai Motors pada 15 Juni 2023.

Pernyataan itu dia umumkan melalui akun Instagram pribadinya, setelah bertemu dengan Executive Chairman Hyundari Motors Chung Eui Son di Korsel.

Dalam pertemuan tersebut, Erick juga membahas mengenai perkembangan ekosistem mobil listrik, terutama baterai yang menjadi salah satu fokus Hyundai Motors bersama dengan LGES.

Erick dan Chung Eui Son kemudian berbicara mengenai kerja sama Hyundai untuk membuat 100 mobil listrik Hyundai dengan interior batik yang sesuai dengan kekhasan bangsa Indonesia.

Kerja sama ini diharapkan bisa semakin memperkuat hubungan diplomatik Indonesia-Korsel yang telah menginjak 50 tahun.

Baca juga: Dubes: 50 tahun hubungan RI-Korsel 'diwarnai' peningkatan kerja sama
Baca juga: Dubes Gandi buka peluang untuk pekerja terampil Indonesia di Korsel


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023