Kendari (ANTARA) - Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI, Zainut Tauhid Sa’adi resmi membuka Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) Nasional ke-53 RRI di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) meski sempat tertunda karena hujan deras mengguyur Lapangan Tugu Persatuan Kota Kendari, Sabtu petang.

Wamenag yang didampingi Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi dan Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan, berharap PTQ RRI tahun ini memberikan penguatan kepada masyarakat menjaga kerukunan. Sehingga seluruh masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang damai, dan kerukunan umat harus dijaga dan diperkuat.

"Nilai-nilai Ramadhan, nilai Nuzul Quran, di mana Alquran diturunkan pada bulan Ramadhan, memberikan penguatan kepada masyarakat. Utamanya masyarakat Sulawesi Tenggara, dan umumnya seluruh masyarakat Indonesia," kata Wamenag.

Meski sempat tertunda karena hujan, pembukaan PTQ di Tugu Persatuan Bumi Anoa Sulawesi Tenggara ini berlangsung khidmat.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi. Diresmikannya perhelatan tahunan di Ramadhan tersebut disambut meriah tamu undangan.

Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi didampingi Sekda Provinsi Asrun Lio menyambut baik kegiatan PTQ Nasional di Kota Kendari.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan siar Islam tahunan RRI itu 'Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qur’ani untuk Indonesia Kuat'.

“Tema tersebut mengandung pesan dan makna bahwa toleransi menjadi bagian dari implementasi nilai-nilai Qur'ani. Ini menjadi salah satu modal utama dalam rangka memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Sementara Dirut LPP RRI Hendrasmo mengatakan cabang lomba pada PTQ Ke-53 di Kota Kendari, di antaranya Tilawah, Tahfidz Qur'an (Hafalan Qur'an), Tausiah (ceramah) dan Tartil Qur'an Difabel Sensorik Netra.

Hendrasmo menambahkan, PTQ RRI adalah kegiatan penting dan sangat mulia dan secara konsisten terus diselenggarakan sejak dimulai pada tahun 1968.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kontribusi RRI dalam membangun kehidupan moderasi beragama. RRI terus menunjukkan komitmen untuk mendukung gerakan yang dicanangkan Kementerian Agama itu.

"RRI telah banyak berkontribusi dalam rangka membangun kehidupan masyarakat secara Islam. Akan tetapi, kami juga terus berkomitmen membangun kehidupan moderasi beragama," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Hendrasmo juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sultra dan  Wakil Menteri Agama yang sudah membuka acara PTQ RRI. Ia juga memastikan kegiatan ini akan terus berjalan normal sesuai agenda dan meminta dukungan publik untuk kegiatan ini.

Baca juga: Wamenag ajak umat Islam isi Ramadhan dengan perbanyak amalan
Baca juga: Wamenag sebut ormas pegang peran jaga kesatuan di tahun politik

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023