Pembangunan rel kereta api ini tidak mungkin dikerjakan sekaligus karena keterbatasan anggaran negara
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi memastikan pembangunan rel kereta api dari Besitang, Sumatera Utara ke Langsa, Aceh, atau disebut BSL tetap dilanjutkan namun menyesuaikan dengan kondisi keuangan negara.

“Pembangunan rel kereta api ini tidak mungkin dikerjakan sekaligus karena keterbatasan anggaran negara," kata Budi saat kunjungan kerja di Aceh Tamiang, Sabtu.

Ia menyebutkan rencananya rel kereta api jalur Besitang-Langsa tersambung juga hingga ke Kota Lhokseumawe. Namun, Budi belum bisa menyebutkan tahun pelaksanaan dan target rampung proyek pembangunan rel kereta api tersebut.

"Karena pada saat yang sama pemerintah juga membangun rel kereta api di Makassar saat ini," ujarnya.

Dalam kunjungan kerja ke Aceh kali ini, Budi meninjau Stasiun Kereta Api Sungai Liput, Aceh Tamiang, dalam rangka melanjutkan kembali pembangunan jalur kereta api tersebut yang terhenti sejak tahun 2022.

Baca juga: Pemerintah Aceh perjuangkan proyek kereta api masuk PSN

Mendarat di Aceh Tamiang, Menhub disambut Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman bersama unsur Forkopimda Aceh Tamiang dan jajaran Dirjen Kemenhub Perkeretaapian.

Menhub juga menyempatkan diri melihat jalur rel kereta api yang amblas di kawasan Simpang Tiga Semadam dan menyalurkan bantuan sosial berupa paket sembako kepada warga setempat.

Sementara itu, Pj Bupati Aceh Tamiang Meurah Budiman mengatakan keberadaan kereta api sangat diharapkan, karena berdampak pada percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Aceh dalam upaya pemberantasan kemiskinan.

"Dengan dibukanya jalur kereta api dari Medan ke Aceh, maka sangat membantu kehidupan ekonomi masyarakat, meningkatnya volume perdagangan kedua provinsi dan perputaran ekonomi semakin baik," ujarnya.

Ia menilai jalur kereta api juga memberikan akses transportasi yang sangat baik bagi pelajar dan mahasiswa Aceh yang kuliah di Medan, serta sebaliknya siswa asal Sumatera Utara yang kuliah di Tanah Rencong.

Baca juga: Menhub cek perkembangan pembangunan jalur KA Lhokseumawe-Bireuen

Baca juga: Menhub cek KA Makassar-Parepare jelang diresmikan Presiden Jokowi

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023