Kami sudah mempersiapkan pengamanan untuk mudik lebaran sesuai edaran Menteri Perhubungan...
Kapuas Hulu (ANTARA) - Bandara Pangsuma Putussibau di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) siap meningkatkan pelayanan dan pengamanan menghadapi Hari Raya Idul Fitri mendatang.

"Kami sudah mempersiapkan pengamanan untuk mudik lebaran sesuai edaran Menteri Perhubungan," kata Kepala Bandara Pangsuma Putussibau Rasidin, di Putussibau, Kapuas Hulu, Minggu.

Rasidin menyatakan terkait persiapan mudik Lebaran telah dibahas dalam Rapat Otoritas Bandara Wilayah Satu Soekarno-Hatta Cengkareng, salah satunya untuk kesiapan Bandara Pangsuma Putussibau.

Menurutnya, saat ini telah dipersiapkan fasilitas pelayanan, baik itu untuk keamanan maupun untuk kenyamanannya.

"Untuk kesiapan fasilitas juga akan ada penilaian dan evaluasi dari tim kementerian, sehingga untuk Bandara Pangsuma Putussibau sudah siap untuk dievaluasi dan dinilai," katanya lagi.

Menurut Rasidin, dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan pada mudik Lebaran nanti, Bandara Pangsuma Putussibau juga sudah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak, baik pemerintah daerah, TNI dan Polri serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Dia menjelaskan untuk keamanan dan kenyamanan penumpang akan disiapkan pos pengamanan terpadu yang akan melibatkan tim gabungan.

Terkait pelayanan penerbangan, Rasidin menyebutkan hingga saat ini hanya ada satu maskapai penerbangan rute Putussibau-Pontianak dan sebaliknya Pontianak-Putussibau dengan harga tiket pesawat kurang lebih Rp1,5 juta.

"Sampai saat ini belum ada penambahan maskapai, kami terus berupaya melakukan koordinasi dengan maskapai lainnya, mudah-mudahan ada penambahan maskapai," katanya pula.
Baca juga: Aktivitas penerbangan di Putussibau pulih setelah asap pergi
Baca juga: Menhub tinjau Bandara Pangsuma Putussibau di perbatasan RI-Malaysia

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023