Sampel tersebut kemudian diperiksa untuk memastikan kandungan dari makanan tersebut tidak terdapat bahan berbahaya seperti borax, rodhamin B, formalin, dan metanil yellow
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat  melalui puskesmas kecamatan secara rutin melakukan pemeriksaan makanan takjil selama  Ramadhan.

"Kita lakukan secara mandiri untuk memastikan makanan yang dikonsumsi higienis dan berkualitas," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, Erizon Safari saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Menurut Erizon, kegiatan ini perlu dilakukan lantaran makanan takjil merupakan makanan yang kerap dikonsumsi warga selama menjalani ibadah puasa sehingga perlu diperiksa kualitas bahan dan kandungannya.

Erizon mengatakan pihaknya melakukan pengambilan sampel makanan pada beberapa pedagang takjil di jalan.

Sampel tersebut kemudian diperiksa untuk memastikan kandungan dari makanan tersebut tidak terdapat bahan berbahaya seperti borax, rodhamin B, formalin, dan metanil yellow.

Puskesmas Kecamatan Kembangan salah satu yang sudah melakukan sidak ke pedagang takjil menyatakan sejauh ini tidak menemukan adanya makanan dan minuman mengandung bahan berbahaya.

Erizon memastikan pihaknya akan terus meningkatkan intensitas pemeriksaan makanan takjil di seluruh wilayah guna memastikan kesehatan masyarakat.
Baca juga: Kanwil Kemenkumham berbagi takjil di Cawang
Baca juga: Melihat kepadatan warga di lokasi penjualan takjil di Jakarta Timur
Baca juga: Ragam kuliner Nusantara jadi incaran pemburu takjil di Benhil


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023