Target saya saat ini lebih ke Eropa dan kita lebih banyak meyakinkan Eropa. Kita ingin menjelaskan ke mereka, bahwa ini loh Indonesia sudah menerapkan energi terbarukan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Gabungan Produsen Makanan Minuman Indonesia (GAPMMI) Adhi S Lukman mengatakan, GAPMMI membidik mitra dari pasar Eropa dalam perhelatan Hannover Messe (HM) 2023 nanti.

“Target saya saat ini lebih ke Eropa dan kita lebih banyak meyakinkan Eropa. Kondisi di Eropa sekarang mulai dipengaruhi oleh emisi karbon, concern terhadap deforestasi. Nah, kita ingin menjelaskan ke mereka, bahwa ini loh Indonesia sudah menerapkan energi terbarukan,” kata Adhi di Jakarta, Senin.

Adhi menjelaskan, pasar Eropa saat ini tengah menuntut industri yang ramah lingkungan, atau yang sesuai dengan capaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Hal tersebut menjadi sebuah panggilan sekaligus tantangan tersendiri bagi industri makanan dan minuman (mamin) Indonesia untuk mampu menembus pangsa pasar Eropa.

Adhi melanjutkan, industri mamin Indonesia saat ini telah mengimplementasi standar produksi yang ramah lingkungan sesuai dengan SDGs, mulai dari penggunaan panel surya, digitalisasi, hingga penggunaan alat-alat produksi yang tidak menyebabkan deforestasi.

“Ini kita harapkan target utama kita meyakinkan buyer-buyer dari eropa bahwa indonesia ini sudah menerapkan itu. Mudah mudahan kita dapet buyer baru,” ujar Adhi.

Adhi mengungkapkan, pangsa pasar Eropa lebih banyak menerima impor produk-produk semi proses dari industri mamin indonesia, seperti kakao butter, kacao powder, kopi, hingga tepung.

Ketatnya aturan tentang perindustrian ramah lingkungan di Eropa menjadi alasan utama jarangnya produk jadi dari Indonesia yang menembus pasar Eropa.

“Kita harus memenuhi produk yang ekspor ke Eropa tidak boleh mengandung unsur deforestasi misalnya, itu ada European Green Deal namanya, ditandatangani Desember 2022 dan berlaku 18 bulan kemudian, berarti kan 2025 awal ya itu,” ujar Adhi.

Dalam HM 2023, sejumlah industri makanan minuman di bawah koordinasi GAPMMI turut serta berpartisipasi sebagai exhibitor maupun partisipasi dalam bentuk konten video pada Pavilliun Indonesia, di antaranya adalah PT Niramas Utama, PT Fruit-ING, PT Mayora Indah Tbk, PT Kalbe Nutritionals, PT Amerta Indah Otsuka, PT Lautan Natural Krimendo, PT Ganesha Abaditama, PT Frisian Flag Indonesia, PT Mondelez Indonesia, Danone Indonesia, PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Sinar Sosro, serta beberapa industri lainnya.

Baca juga: GAPMMI maksimalkan penggunaan teknologi jelang HM 2023

Baca juga: SE - GAPMMI percepat transformasi digital industri mamin

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023