Terdapat mobile Pertamina yang melayani kebutuhan BBM di sepanjang jalur Pansela.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan Pertamina menyiapkan mobile Pertamina untuk melayani kebutuhan BBM bagi pemudik yang akan melintasi Jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa pada Lebaran tahun ini.

"Pertamina sudah memprogramkan akan terdapat mobile Pertamina yang melayani kebutuhan BBM di sepanjang jalur Pansela," kata Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan bahwa kondisi Jalur Pansela menjelang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini dalam kondisi sangat baik.

"Kami ingin menyampaikan bahwa di Pansela kondisinya sangat baik," kata Basuki.

Sebelumnya, Basuki mengatakan Jalur Pansela diharapkan dapat menjadi jalur wisata wilayah pesisir pantai selatan serta memperlancar konektivitas Pulau Jawa bagian selatan dan mengurangi beban lalu lintas Jalan Pantai Utara (Pantura) Jawa.

Basuki terus mempromosikan jalur Pansela Jawa, supaya orang tertarik lewat selatan. Karena tidak hanya jalannya yang bagus, namun juga memiliki pemandangan yang indah (panoramic road) dan terdapat banyak objek wisata.

Ruas jalan Pansela terbentang melintasi 5 provinsi di Pulau Jawa, yakni Provinsi Banten dengan ruas Simpang Labuhan-Batas Provinsi Jawa Barat sepanjang 169,5 km. Lalu di Provinsi Jawa Barat dengan ruas dari batas Provinsi Banten-Sindang Barang hingga batas Provinsi Jawa Tengah sepanjang 417,1 km.

Kemudian Jalan Lintas Pansela di Provinsi Jawa Tengah dengan ruas mulai batas Provinsi Jawa Barat-Congot-Duwet hingga Glonggong sepanjang 212,5 km.

Selanjutnya di Provinsi DI Yogyakarta dengan ruas Karang Nongko-Legundi hingga Duwet sepanjang 120,8 km. Terakhir ruas-ruas di Provinsi Jawa Timur dengan ruas Panggul-Sendangbiru-Jarit-Puger hingga Glenmore sepanjang 628,39 km.

Penanganan lintas Pansela Jawa dilaksanakan melalui pekerjaan pembangunan jalan baru, preservasi jalan atau kegiatan pemeliharaan, rehabilitasi, rekonstruksi jalan dan jembatan serta pelebaran jalan menuju standar, yang berkelanjutan untuk mempertahankan jalan dalam kondisi mantap.
Baca juga: Kemenhub susun rekomendasi usai cek jalur Pansela persiapan mudik
Baca juga: Komisi V DPR soroti Jalur Pantai Selatan Jawa yang dililit masalah

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023